Analisis Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan

Rohman, Moh Taufiqur (2023) Analisis Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_cover_PGMI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_Halaman persetujuan_PGMI (1).pdf

Download (152kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051065_Halaman pengesahan_PGMI (2).pdf

Download (186kB)
[img] Text
20381051064_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_Daftar isi_PGMI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_BAB I_PGMI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_BAB IV_PGMI.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Moh Taufiqur Rohman_20381051064_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
20381051064_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
pernyataan keaslian Moh Taufiqur Rohman_20381051064.pdf

Download (247kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Index Card Match, Hasil Belajar Pembelajaran yang efektif untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas maka perlu adanya penggunaan model dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal mungkin. Model pembelajaran apapun dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, salah satunya Index Card Match. Model pembelajaran Index Card Match adalah metode pencarian pasangan kartu yang sangat menyenangkan untuk digunakan dalam mengulang materi pembelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan. Kedua Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran index card match di kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya untuk analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, kemudian untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama langkah-langkah penerapan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan: guru menentukan tujuan pembelajaran, model pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu yang dibutuhkan, dan media serta bahan-bahan yang diperlukan dalam pembelajaran. Guru membagi kartu pertanyaan dan jawaban kepada siswa. Guru menjelaskan aturan cara bermain. Siswa mencocokan dengan menggunakan kartu yang berisi jawaban dan pertanyaan yang sudah disiapkan guru. Guru memberi intruksi kepada tiap pasangan siswa untuk menguji kebenarannya dan Guru dan siswa bersama-sama melakukan klarifikasi atau kesimpulan. Kedua, Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran index card match di kelas IV MI Darul Ulum Plakpak Pegantenan Pamekasan dapat meningkatkan hasil belajar, sebab dalam proses pembelajaran siswa sangat antusias dan merasa senang bisa bermain sambil belajar sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik. Sebelumnya hasil belajar kelas IV kurang baik atau rendah namun dengan penerapan model pembelajaran index card match hasil belajar siswa menjadi baik ataupun maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6241

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item