Penerapan Metode Ekspresi Bebas dalam Materi Membuat Mozaik pada Pembelajaran SBDP di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan

Rohmatina,, Ulya (2023) Penerapan Metode Ekspresi Bebas dalam Materi Membuat Mozaik pada Pembelajaran SBDP di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_sampul_PGMI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
19381052008_ HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
19381052008_ Halaman Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_daftar isi_PGMI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_BAB I_PGMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_BAB IV_PGMI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
Ulya Rohmantina_19381052008_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
19381052008_ KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

Kata Kunci :Ekspresi bebas, Mozaik, dan SBDP. Mata pelajaran SBDP turut diwujudkan dalam satuan kurikulum pendidikan bertujuan sebagai pembelajaran yang memacu siswa untuk menjadi manusia yang kreatif dan dapat berekspresi sesuai perkembangannya. Dalam hal ini kreatifitas siswa perlu terus dipupuk dan dikembangkan, agar siswa nantinya menjadi generasi yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: Pertama bagaimana penerapan metode Ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN seddur 1 Pakong Pamekasan?, Kedua apakah manfaat bagi guru dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan?, Ketiga apakah hambatan yang ditemui guru dalam menerapkan metode ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada pembelajaran SBDP kelas 4 di SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumetasi dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas, dan 5 siswa kelas 4 SDN Seddur 1 Pakong Pamekasan . sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan keajegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitin ini menunjukkan bahwa Pertama, penerapan metode ekspresi bebas dalam materi membuat mozaik pada siswa kelas 4 dilakukan dengan beberapa tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, kemudian yang kedua, manfaat dalam kegiatan ini yaitu guru lebih mudah membuat siswa tertarik dan berminat mengikuti kegiatan atau pembelajaran sebab mereka dibebaskan untuk betekspresi dalam perencanaan metode ekspresi bebas pada materi membuat mozaik, ketiga, hambatan yang ditemui guru adalah guru merasa kewalahan untuk mengawasi dan mengontrol siswa pada saat kegiatan sebab dengan diterapkannya ekspresi bebas yang membiarkan siswa mengembangkan ide mereka sendiri, siswa akan lebih sering menghampiri guru dan bertanya mengenai apakah karya mereka sudah tepat atau tidak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6244

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item