Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPA Dikelas III SDN Lemper 1

Jamila, Ummal (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPA Dikelas III SDN Lemper 1. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_COVER_PGMI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_ABSTRAK_PGMI_compressed.pdf

Download (16kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_DAFTAR IS1_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_BAB I_PGMI.docx.pdf

Download (479kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_BAB II_PGMI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_BAB III_PGMI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_BAB IV_PGMI.docx.pdf

Download (398kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_BAB V_PGMI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
UMMAL JAMILA 19381052033_keaslian tulisan_PGMI.pdf

Download (81kB)

Abstract

Kata Kunci : Efektivitas, Media Power Point Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah Bagaimana Implementasi media pembelajaran intraktif berbasis power point dalam efektivitas pembelajaran IPA siswa kelas III di SDN Lemper 1. Kedua apakah ada pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis power point terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran IPA kelas III SDN lemper. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran intraktif berbasis power point pada pembelajaran IPA siswa kelas 3 di SDN Lemper 1 dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point sebagai alat bantu media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dikelas III SDN lemper 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis power point terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran IPA dikelas III SDN lemper 1. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN lemper 1 sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis dan temuan setelah diperoleh berupa data kuantitatif hasil belajar siswa, maka selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan uji t-tes. Hasil penelitian implementasi media pembelajaran interaktif power point pada pembelajaran IPA yaitu: adanya pengorganisasian materi yang baik berupa RPP dan guru mempersiapkan media pembelajaran interaktif berbasis power point; Komunikasi yang efektif ditunjukkan dengan adanya proses pembelajaran bersesuaian dengan RPP, dimana kegiatan inti terdiri dari 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan); Penguasaan dan antusiasme terhadap materi pembelajaran dilihat dari proses interaksi siswa dalam melihat media pembelajaran interaktif berbasis power point; Sikap positif terhadap siswa dapat dilihat dari antusias dalam proses pembelajaran; Pemberian nilai yang adil, sesuai dengan kinerja proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh sisw; Keluwesan dalam pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru dan media pembelajaran yang mendukung; Hasil belajar siswa yang baik, dapat dilihat dari hasil peneliti lakukan dalam melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis power point. Adanya pengaruh pembelajaran interakti berbasis power point terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran IPA kelas III SDN lemper 1. Hal tersebut terlihat dari perbandingan antara nilai pritest dan postest. Nilai rata-rata pretest yang di peroleh sebesar 48,69 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-64 yang termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata postest yang diperoleh yaitu sebesar 75,42 yang berada pada interval 65-84 yang berati berada pada kategori tinggi. Selain itu juga digunakan perhitungan uji t-tes. Hasil penelitian diperoleh thitung =1,460 dan ttabel=2,571 maka thitung ttabel atau 1,460, 2,571 sehingga dapat di vi simpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan power point sebagai alat bantu media pembelajaran IPA kelas III SDN lemper 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6245

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item