Penggunaan Model Pembelajaran Quantum adalah teknik peta konsep memory dalam upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep Pada Mata Pelajaran SBDP

Hariyani, Wilda (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Quantum adalah teknik peta konsep memory dalam upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep Pada Mata Pelajaran SBDP. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Cover_PGMI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Lembar_Persetujan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Abstrak_PGMI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI _19381052087_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_BAB I_PGMI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_BAB IV_PGMI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
WILDA HARIYANI_19381052087_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI..pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata Kunci : Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas II Mata Pelajaran SBDP. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya Meningkatkan Kreatifitas Kelas II MI Nahdlatul Ulama. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran quantum dalam meningkatkan kreatifitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. karena penelitian ini dilaksanakan tidakan kelas dengang menggunakan model pembelajaran quantum terdiri dua siklus. Siklus 1 mencari kemampuan siswa untuk menggambar adapun siklus kedua membagi kertas soal kepada siswanya. Tindakan dari masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yang merupakan tahapan dari penelitian tindakan kelas Menurut Lewin dalam Arikunto ( 2006 : 92 ) bentuk penelitian tindakan kelas dari empat komponen yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hubungan anatara ke empat komponen tersebut menunjukkan sebuah siklus atau kegiatan berulang. Dalam penelitian tindakan kelas, setiap satu siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi untuk dilanjutkan ke siklus berikutnya. Penulis merencanakan pelaksanaan ini dalam dua siklus agar penelitian dapat lebih bermakna dan penulis dapat memperoleh informasi yang cukup dan mantap sebagai masukan yang berarti untuk mengadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Siklus pertama akan dilaksanakan selama dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama sampai pertemuan kedua. Siklus 1 dilaksanakan selama dua kali pertemuan, Siklus II diawali dengan refleksi awal karena peneliti telah memiliki seperangkat data yang dapat dijadikan dasar untuk merumuskan tema penelitian yang kemudian dilanjutkan dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi untuk dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas siswa mata pelajaran SBDP. Melalui model pembelajaran quantum telah dibuktikan dari hasil belajar dalam setiap akhir siklus. Dalam tahap perencanaan Penggunaan media pembelajaran quantum menggunakan teori bermain sebagai seorang pendidik dalam memulai pembelajaran di haruskan untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang di perlukan selama pembelajaran dilaksanakan. Hal ini bertujukan agar tujuan pembelajaran dapat mencapai secara efektif. Diantaranya mempersiapkan diri dan juga media pembelajaran tersebut sudah dipastikan dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Adapun persiapan bahan dan materi yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran yaitu mempersiapkan buku guru dan juga materi yang akan dipelajari harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Tahap Pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan teori bermain tersebut sudah efektif dan dapat dilanjutkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan model quantum media pembelajaran menggambar ini juga bisa membuat karakteristik-karakteristik siswa yang berbeda bisa disetarakan, Tunjukan antusias saat proses pembelajaran dan semangat yang tinggi. Menggajar anak MI itu berbeda dengan menggajarnya anak SMP atau SMA. Seorang anak MI harus menjelaskan secara jelas mengajak anak berkomunikasi membuat metode pembelajaran di selingi permainan tidak bosen saat belajar di dalam kelas menggunakan teori bermain tersebut, siswa semangat sekali dalam proses pembelajaran. Tahap hasil evaluasi berupa lembar kerja kreatifitas juga ter;laksana dengan baik. Pada tahap pra siklus presentase siswa mencapai 46 % mengalami peningkatan pada siklus I yaitu mencapai 69 % sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 84%. Poinnya Salah satu model pemelajaran disarankan implementasi kurikulum 2013 adalah model pembelajaran berbasis masalah kreatifitas menggambar. Untuk perencanaan dalam menggunakan model pembelajaran quantum pembelajaran dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran quantum sudah sangat efektif dalam berbagai bentuk seperti : membuat materi pembelajaran metode efektif dalam presentase dan keterlibatan secara aktif Dan hasil evaluasinya juga sudah dapat meningkatkan kreatifitas siswa kelas II MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep Mata Pelajaran SBDP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6247

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item