Penerapan Menulis Tegak Bersambung Tema 2 Melalui Penggunaan Media Buku Halus Pada Siswa Kelas 2 SDN Murtajih 1 Pademawu

Zuraida, Zuraida (2023) Penerapan Menulis Tegak Bersambung Tema 2 Melalui Penggunaan Media Buku Halus Pada Siswa Kelas 2 SDN Murtajih 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Zuraida_19381052115_Cover_PGMI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Abstrak_PGMI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_BAB I_PGMI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_BAB IV_PGMI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Zuraida_19381052115_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (299kB)

Abstract

Kata Kunci: Menulis, Tegak Bersambung, Tema Keterampilan menulis tegak bersambung perlu dikembangkan kepada siswa terutama pada kelas rendah yaitu kelas dua dan tiga, karena siswa kelas dua dan kelas tiga masih memiliki keterbatasan dalam menulis latin yaitu menggunakan huruf miring atau tegak bersambung. Sebagian dari siswa belum bisa menulis tegak bersambung dengan benar, sehingga dari situlah siswa perlu dibimbing dalam menulis tegak bersambung agar bisa melatih konsentrasi, kecepatan dalam menulis dan melatih motorik pada siswa tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pendidik untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu salah satunya pendidik harus memusatkan perhatian kepada siswa yang belum bisa menulis tegak bersambung, memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa, dan peluang khusus untuk bisa melatih siswa tersebut dalam menulis tegak bersambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Menulis Tegak Bersambung Tema 2 Melalui Penggunaan Media Buku Halus Pada Siswa Kelas 2, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan terhadap Penerapan Menulis Tegak Bersambung Tema 2 Melalui Penggunaan Media Buku Halus Pada Siswa Kelas 2 SDN Murtajih 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini yaitu guru kelas 2 dan siswa kelas 2. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyatakan; Pertama, mewawancarai guru kelas 2 dengan beberapa pertanyaan yaitu: bagaimana cara menerapkan dan meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan media buku halus, apakah di sekolah tersebut menerapkan menulis tegak bersambung menggunakan media buku halus, apa saja kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan menulis tegak bersambung, kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut apa, apakah disetiap pembelajaran tegak bersambung guru melatih siswa untuk menulisnya, apakah guru juga memberikan tugas (PR) kepada siswa mengenai menulis tegak bersambung. Kedua, kelebihan penerapan menulis tegak bersambung melalui penggunaan media buku halus membuat siswa menjadi terlatih, rapi dan juga melatih motorik siswa dalam menulis tegak bersambung. Adapaun kekurangan yaitu, sebagian siswa yang belum bisa menulis tegak bersambung, kurangnya kerapian dan juga tidak mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:08
Last Modified: 09 Jul 2024 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6253

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item