Munawwaroh, Ulum (2023) Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042163_SAMPUL.pdf Download (104kB) |
|
Text
19381042163_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
19381042163_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
19381042163_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
19381042163_DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) |
|
Text
19381042163_BAB I.pdf Download (194kB) |
|
Text
19381042163_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
19381042163_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
19381042163_BAB IV.pdf Download (474kB) |
|
Text
19381042163_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
19381042163_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (18kB) |
|
Text
19381042163_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (162kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus Manajemen Pembelajaran merupakan kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar dengan fungsi manajemen yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan serta Evaluasi. Di Sekolah Luar Biasa Asih Mulya Gurem Pamekasan menerapkan sistem manjemen pembelajaran sehingga, didalamnya terdapat pengelolaan pembelajaran yang baik. Berasarkan hal tersebut maka ada tiga pokok yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem Pamekasan. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem Pamekasan. Ketiga, Apa Saja Faktor Penghambat Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Asih Mulya Gurem Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dikelompokan menjadi tiga yakni, kepala sekolah dan 2 guru di kelas anak tunarungu. Sedangkan analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan dengan melakukan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Asih Mulya Gurem Pamekasan yang terdiri dari Perencanaan Pembelajaran yang menggunakan RPP dan Silabus. Pengorganisasian Pembelajaran yang pengaturan SDM sudah ditentukan oleh kepala sekolah, Pelaksanaan Pembelajaran dimana melaksanakan apa yang telah direncanakan yang dalam pelaksanannya ada tiga kegiatan yakni kegiatan utama kegiatan inti dan kegiatan penutup, serta Evaluasi Pembelajaran yang dilakukan satu bulan satu kali. Kedua, Faktor pendukung proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus Di Sekolah Luar Biasa Asih Mulya yakni pendidik yang menggunakan peraga agar anak dapat mengerti dan semangat anak ABK dalam proses pembelajaran berlangsung. Ketiga, Faktor penghambat proses pembelajaran pada anak berkebutuan khusus di sekolah luar biasa asih mulya ada beberapa faktor yakni faktor orang tua yang tidak mau menyekolahkan anaknya yang memiliki kebutuhan khusus, faktor pendidik yang kadang tidak memahami perbedaan karakter dari masing-masing anak ABK, faktor anak ABK yang merasa jenuh saat pembelajaran, dan faktor masyarakat yang beranggapan bahwa di sekolah luar biasa ini hanya tempat untuk anak cacat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6262 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |