Hoiroh, Nadiyatul (2023) Penerapan Metode Gerak dan Lagu Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tamam Kanak-kanak Babus Salam Dusun Dumpol Desa Campur Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sampul.pdf Download (328kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (44kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (54kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (575kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (193kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Gerak dan Lagu, Bahasa Inggris, Anak Usia Dini Terdapat sebuah fenomena dalam kegiatan proses pembelajaran, yang mana guru menerapkan metode pembelajaran gerak dan lagu dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini, yang berkaitan dengan materi media warna-warna, angka-angka dan lain sebagainya. Guru bahasa Inggris di TK Babus Salam telah menciptakan suasana metode gerak dan lagu dengan menyenangkan, sehingga anak antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran tersebut. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan metode gerak dan lagu dalam mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Babus Salam; Kedua,Apa saja kendala dari penerapan metode gerak dan lagu dalam mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Babus Salam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verification data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode gerak dan lagu dalam mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Babus Salam, diantaranya ialah: a). Menentukan tema dan menyiapkan media flascard, b). Eksplorasi gerak dengan cara guru menanyakan kepada anak dari gambar yang ditampilkan, c). Menentukan bentuk gerak, d). Memilih lagu yang akan dinyanyikan, e). Menjalin bentuk gerak yang terpilih, f). Harmonisasi gerak dan lagu dengan cara guru mengajak anak berdiri dan bernyanyi bersama dengan melakukan gerakan yang telah ditentukan. Dengan melalui kegiatan tersebut, maka dapat menciptakan rasa ingin tahu dan antusias anak, dan meningkatkan keterampilan berbicara dalam kosakata bahasa Inggris serta meningkatkan kegiatan motorik anak dengan gembira sambil bergerak, kedua, kendala dalam penerapan metode gerak dan lagu untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini di Tamam Kanak-kanak Babus Salam, diantaranya ialah: a). Anak yang nakal dan sulit untuk di atur. Anak-anak yang nakal disebabkan karena kurangnya minat anak terhadap materi yang diajarkan. b). Terdapat sebagian anak-anak yang daya tangkap atau daya serapnya lambat terhadap materi yang disampaikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6271 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |