Penerpan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan

Qusyairi, Qusyairi (2020) Penerpan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A QUSYAIRI_20160701050080_COVER_PGMI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
C QUSYAIRI_20160701050080_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PGMI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
D QUSYAIRI_20160701050080_LEMBAR_PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
E QUSYAIRI_20160701050080_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
F QUSYAIRI_20160701050080_DAFTAR_ISI_PGMI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
G QUSYAIRI_20160701050080_BAB I_PGMI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
H QUSYAIRI_20160701050080_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
I QUSYAIRI_20160701050080_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
J QUSYAIRI_20160701050080_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K QUSYAIRI_20160701050080_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
L QUSYAIRI_20160701050080_DAFTAR_PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
B QUSYAIRI_20160701050080_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_DAN_PERSETUJUAN_PUBLIKASI_PGMI.pdf

Download (255kB)

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi, Metode Role Playing, Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hubungan komunikasi yang dilakukan oleh siswa dengan siswa ataupun siswa dengan guru. Hal itu disebabkan karena rasa malu, tidak percaya diri, serta low intelligence quotient yang dimiliki siswa. Kondisi ini membuat mereka terhambat dalam melakukan komunikasi. Sehingga perlu ada penerapan metode yang sesuai dengan pelajaran bahasa indonesia yaitu metode Role Playing. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Role Playing dan hasil penerapan metode Role Playing pada pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SDN Bugih 3 Pamekasan yang berjumlah 43 orang. Model PTK ini menggunakan Model Kemmis & Mc Taggart, 1982, dan model ini dilakukan dengan beberapa siklus. Dan yang menjadi indikator keberhasilan tindakan kelas disini ditandai dengan adanya perubahan kearah perbaikan dalam proses pembelajaran. Sebagai indikator yang dicapai siswa dalam penelitian ini adalah suatu tidakan dibandingkan dengan standart minimal yang ditentukan yaitu 85 % dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai 70. Penelitian ini, antara peneliti dan guru kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan meliputi: mengembangkan RPP menyiapkan lembar instrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan meliputi tindakan penelitian pada pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel, observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran, dan refleksi yag dilakukan untuk memikirkan dan mengkaji hasil tindakan pada kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II maka diketahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan, yaitu, pertama, Pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa masih berada di posisi rendah dengan nilai 629 dan rata-rata 58,32%. Kedua, Siklus I nilai siswa naik mencapai 749 dengan rata-rata 70,04%. Ketiga, Siklus II dengan jumlah nilai 1.113 dan rata-rata mencapai 76%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV SDN Bugih 3 Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:43
Last Modified: 03 Feb 2021 01:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/628

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item