Karni, Mumtakul (2023) Strategi guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini kelompok B di TK ABFA Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Mumtakul Karni_18381062077_cover_Piaud.pdf.pdf Download (141kB) |
|
Text
c) Mumtakul Karni_19381062077_Lembar_persetujuan_pembimbing_Piaud.pdf.pdf Download (135kB) |
|
Text
d) Mumtakul Karni_19381062077_Lembar_pengesahan_Piaud.pdf.pdf Download (186kB) |
|
Text
e) Mumtakul Karni_19381062077_abstrak_Piaud.pdf.pdf Download (148kB) |
|
Text
f) Mumtakul Karni_19381062077_daftar_isi_Piaud.pdf.pdf Download (159kB) |
|
Text
g) Mumtakul Karni _19381062077_BAB I_Piaud.pdf.pdf Download (460kB) |
|
Text
h) Mumtakul Karni_19381062077_BAB II_Piaud.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
i) Mumtakul Karni_19381062077_BAB III_Piaud.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
j) Mumtakul Karni_19381062077_BAB IV_Piaud.pdf.pdf Download (545kB) |
|
Text
k) Mumtakul Karni_19381062077_BAB V_Piaud.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
l) Mumtakul Karni_19381062077_Daftar_Pustaka_Piaud.pdf.pdf Download (379kB) |
|
Text
b) Mumtakul Karni_19381062077_Surat_pernyataan_keaslian_karya_dan_persetujuan publikasi_Piaud.pdf.pdf Download (218kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Anak Usia Dini. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang diterapkan di suatu lembaga atau sekolah sangat menentukan terhadap hasil belajar anak, bagaimana cara guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas bisa membuat ketertarikan anak dalam pembelajaran tersebut. Selain itu, agar anak juga tidak mudah bosan dan tetap semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran sehingga apa yang dibutuhkan pada saat pembelajaran harus dipenuhi atau disediakan seperti yang sudah dirancang dalam perencanaan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitia ini ada dua yaitu: Pertama, Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini kelompok B di TK ABFA Pademawu Pamekasan; Kedua, Bagaimana faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi yang diterapkan guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini kelompok B di TK ABFA Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah TK ABFA dan Guru kelompok B TK ABFA. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasi penelitian yaitu perpanjangan keikutseraan, keajegan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini kelompok B di TK ABFA Pademawu Pamekasan sudah baik dengan penggunaan strategi yang sesuai dengan perkembangan anak dan didukung dengan penggunaan metode yang digunakan. Akan tetapi, ada juga anak yang masih harus dipandu dan dibimbing oleh guru dalam melakukan kegiatan dengan penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga dapat mengembangkan karakter anak, seperti karakter mandiri yaitu anak bisa memakai sepatu sendiri dan melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan dari guru sekalipun ada beberapa anak yang masih dibantu oleh guru, karakter bertanggung jawab yaitu anak membereskan mainan setelah melakukan kegiatan, karakter kerjasama yaitu anak bisa bekerjasama dengan cara saling membantu dan saling bergantian dalam menggunakan alat permainan ketikan melakukan kegiatan serta karakter religius seperti menunggu giliran atau tidak menyerobot pada saat mau wudhu dan tertib ketika praktek shalat. Karakterkarakter tersebut menjadi tolak ukur berhasilnya guru dalam penggunaan strategi yang diterapkan oleh guru. Kedua, faktor yang mendukung dan menghambat terhadap pelaksanaan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengembangkan karakter anak usia dini kelompok B di TK ABFA Pademawu Pamekasan, faktor pendukungnya adalah adanya semangat anak, sarana dan prasarana serta partisipasi orang tua murid. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai pada saat kegiatan pembelajaran. Seperti permainan yang disediakan sekolah ketika kegiatan ekstrakurikuler kurang memadai. seperti permainan daul yang alatnya tidak semuanya ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6290 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |