Sa’diyah, Halimatus (2023) Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Anak Usia Dini di TK Al-Qolam Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_COVER_PIAUD.pdf Download (247kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (102kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (122kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (161kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (119kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_BAB I_PIAUD.pdf Download (479kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_BAB IV_PIAUD.pdf Download (231kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (180kB) |
|
Text
HALIMATUS SA’DIYAH_19381062091_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (122kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Membaca, Anak Usia Dini Fenomena yang terjadi di TK Al- Qolam Tlanakan Pamekasan ialah teradapat beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran membaca. Meskipun tidak banyak yang ditemukan anak yang mengalami kesulitan belajar membaca, akan tetapi apabila permasalahan tersebut apabila dibiarkan akan membuat anak kesulitan untuk menghadapi proses pendidikan di jenjang pendidikan selanjutnya. Maka dari itu peran guru sangatlah dibutuhkan oleh seorang anak usia dini sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemamampuan anak khususnya dalam membaca. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verification data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan ketekunan peneliti, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan, diantaranya ialah guru menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan cara memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada anak, dan anak diminta mengeja huruf dengan kata yang pendek terlebih dahulu, setelah itu anak diminta membaca dengan sendirinya. Kedua, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca anak usia dini di TK Al-Qolam Tlanakan Pamekasan diantaranya ialah: faktor intelektual yang dimiliki miliki anak berbeda-beda, faktor lingkungan berupa kurangnya dukungan dari keluarga terutama kedua orang tua, faktor psikologis yang meliputi motivasi dan minat anak dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:06 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6294 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |