Penerapan Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Tk An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan

Hasanah, Nor (2023) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Tk An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381062049_SAMPUL.pdf

Download (286kB)
[img] Text
19381062049_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
19381062049_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
19381062049_ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
19381062049_DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
19381062049_BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
19381062049_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
19381062049_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
19381062049_BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
19381062049_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
19381062049_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
19381062049_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (293kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini Dalam hal pendidikan tidak terlepas dari pembelajaran bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang harus diketahui dan dipelajari sejak usia dini.Kemampuan bahasa inggris anak usia dini dapat mengucapkan lebih dari 2.500 kosa kata maka dari itu kosa kata bahasa inggris pelu diajarkan sejak usia dini karena pada sejak itu anak cepat merekam atau Anakmenerima apa yang diajarkan kepadanya. Dan pembelajaran bahasa inggris pelu mengunakan metode yang menyenangkan seperti bernyanyi karena metode bernyanyi merupakan kegiatan yang paling penting bagi anak karena bernyanyi dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan selain itu bernyanyi sangat digemari oleh nak usia dini. Dengan bernyanyi anak akan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, daya ingat akan lebih terasah karena sering dinyanyikan dan akan lebih tepat dalam mengucapkan pembendaharan kosa kata. Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama, Bagaimana Penerapan Metode bernyanyi dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan: Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan penghambat dalam Penerapan Metode Bernyanyi dalan Pengusaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman kanak-kanak An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Peneliti meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Maksudnya data yang dikumpulkan dan diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari informasi Kepala sekolah dan tenaga pendidikan Di TK An-Nizari Desa Bindang Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dalam penguasaan kosa kata bahasa inggris adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian dan beberapa tahapan, tahapan pertama yaitu mendengar dan menirukan artinya guru bernyanyi bahasa inggris memggunanakan gerakan telebih dahulu setelah itu diikuti oleh anak, tahapan yang kedua anak disuruh untuk melapalkan kosa kata yang terdapat dalam nyanyian tersebut dengan bantuan guru agar mengucapan pembendaharan kata anak tepat dan benar dan terakhir yaitu anak menghafalkan lirik lagu yang sudah dilafalkan oleh anak agar membantu daya ingat anak. Sedangkan faktor pendukung dalam menerapkan metode bernyanyi adalah moivasi yang diberikan oleh guru, bahasa ibu/pertama dan faktor sosial dan faktor penghambatnya adalah anak mempunyai rasa malu dan pendiam dalam mengikuti pembelajaran dan media pembelajaran kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:05
Last Modified: 09 Jul 2024 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6295

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item