Mufarrohah, Indah Isnaini (2023) Peran Guru dalam Mengatasi Anak Introvert di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Cover_PIAUD.pdf.pdf Download (67kB) |
|
Text
c) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf.pdf Download (85kB) |
|
Text
d) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf.pdf Download (121kB) |
|
Text
e) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Abstrak_PIAUD.pdf.pdf Download (32kB) |
|
Text
f) Indah Isnaini Mufarohhah_18381062037_Daftar_Isi_PIAUD.pdf.pdf Download (37kB) |
|
Text
g) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_BAB_I_PIAUD.pdf.pdf Download (179kB) |
|
Text
h) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_BAB_II_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
i) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_BAB_III_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
j) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_BAB_IV_PIAUD.pdf.pdf Download (471kB) |
|
Text
k) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_BAB_V_PIAUD.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
l) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf.pdf Download (96kB) |
|
Text
b) Indah Isnaini Mufarrohah_18381062037_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PIAUD.pdf.pdf Download (163kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru, Introvert, Anak Usia Dini Tidak bisa dipungkiri bahwasannya dalam suatu lembaga pendidikan karakteristik keperibadian antar anak berbeda-beda. Ada yang berkeperibadian introvert dan ada juga yang berkepribadian ekstrovert. Oleh karena itu, peran guru dalam suatu lembaga pendidikan sangatlah penting dimana dalam suatu pendidikan guru berperan sebagai tenaga pengajar, pembimbing serta sebagai tenaga pembina sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami anaknya guru di sekolah akan memungkinkan teratasinya suatu masalah termasuk masalah anak berkenaan dengan anak yang berkepribadian introvert. Berdasarkan permasalahan di atas maka ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana gambaran mengenai kepribadian anak introvert di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan?. Kedua, Bagaimana langkah-langkah guru dalam membantu kesulitan anak berkepribadian introver di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di lembaga TK Tanwirul Qulub dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas A. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran mengenai kepribadian anak introvert di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan yaitu: anak cendrung pendiam tidak banyak bicara di dalam kelas, komunikasi dengan teman sebayanya terbatas, memiliki teman yang sedikit dikarenakan anak introvet kurang bergaul, memiliki sifat pemalu dan juga rewel serta kurang percaya diri serta suka bermain sendiri di dalam kelas. Adapun langkah-langkah guru dalam membantu kesulitan anak berkepribadian introver di TK A Tanwirul Qulub Pamekasan yaitu: memahami karakteristik dari anaknya di TK Tanwirul Qulub Pamekasan, melakukan pendekatan secara personal, Memberikan waktu kepada anak untuk beradaptasi, mendorong si anak berani tampil di depan kelas, memberikan kesempatan untuk mengeksplor hobi dan potensinya, Melibatkan anak dalam kelompok kecil , mengajak anak melakukan suatu interaksi sederhana, memberikan apresiasi dan pujian serta menjalin hubungan baik dengan orang tua anak introvert.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6298 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |