Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas VIII SMPN 2 Larangan

Mahmuda, Norfitria (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas VIII SMPN 2 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_Cover_TIPS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_Lembar_persetujuan_pembimbing_TIPS.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_lembar pengesahan_TIPS.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_Abstrak_TIPS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_daftar isi_TIPS.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_BAB I_TIPS.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_BAB IV_TIPS.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_surat_pernyataan_keaslian_karya_TIPS.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_permohonan izin meneliti_TIPS.pdf

Download (606kB)
[img] Text
Norfitria Mahmuda_20160701080076_surat telah melakukan penelitian_TIPS.pdf

Download (597kB)

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengharuskan pendidik untuk mengingat dan terus menerima pembelejaran lain. Proses pembelajaran yang monoton seperti sistem ceramah seringkali di jadikan acuan pembelajaran seorang pendidik untuk menyampaikan suatu materi. Pembelajaran kooperatif adalah istilah umum untuk sekumpulan stategi pengajaran yang mana menekankan pada pembelajaran bersama dengan cara menyusun kelompok kecil Berdasarkan kedua hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Larangan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa Kuisioner tertutup merupakan angket atau daftar pertanyaan dengan alternative pertanyaannya telah disediakan oleh peneliti. Kuisioner jenis ini dinilai lebih efektif karena responden dapat langsung membubuhkan tanda centang (√) dalam kolom yang telah disediakan dan masing-masing diberi lima alternatif jawaban sebagai standart penilaian yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu dan tidak setuju. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, staff TU dan para siswa yang menerima pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan validitas dan reabilitas dalam penelitian ini peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperativ tipe STAD yang diterapkan oleh seorang guru dapat menjadi motivasi tambahan bagi siswa. Demikian adalah pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2 Larangan. Setelah dipadukan dan dibandingkan kajian teori dengan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2 Larangan dengan interpretasi sedang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_071 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:45
Last Modified: 03 Feb 2021 01:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/630

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item