Penelitian Tindakan Kelas, 2023, Penggunaan Media Flasd Card dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep

Mariah, Mariah (2023) Penelitian Tindakan Kelas, 2023, Penggunaan Media Flasd Card dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a.Mari'ah-2017071062036-Sampul.pdf

Download (105kB)
[img] Text
b.Mari'ah-2017071062036-pesetujuan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
c.Mari'ah-2017071062036-pegesahan.pdf

Download (278kB)
[img] Text
e.Mari'ah-20170701062036-abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
d.mariah-20170701062036-daftar isi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
f.Mari'ah-20170701062036-Bab I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
g.Mari'ah-20170701062036-Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
h.Mari'ah-20170701062036-Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
i.Mari'ah-20170701062036-Bab IV.pdf

Download (839kB)
[img] Text
j.Mari'ah-20170701062036-Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
k.Mari'ah-20170701062036-Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
l.Mari'ah-2017071062036-keaslian penulisan.pdf

Download (182kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Flasd Card, Huruf Hijaiyah. Dalam mengembangkan aspek kemampuan nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik maupuan seni pada anak usia dini diperlukan media pembelajaran yang beragam dan bervariasi agar stimulasi yang diberikan kepada anak membuahkan hasil yang maksimal. maka media flasd card dapat menjadi salah satu solusi yang bersifat kongkrit karena anak dapat melihat benda secara nyata dalam bentuk tiruan, sehingga anak tidak salah membayangkan suatu benda. Sementara itu asesmen atau penilaian kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak didik pada anak Kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep dilakukan dengan media flasd card. Penilaian mengenal huruf hijaiyah berdasarkan flasd card dengan aspek penilaian yang dinilai dari ketepatan penunjukan detil gambar dan ketepatan huruf hijaiyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti adalah penelitian tindakan kelas, Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan atas empat tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data adalah berupa perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisa dan hasil pembahasan bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan 1) Perencanaan pembejaran dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) persiklus yang difokuskan pada perencanaan langkah-langkah perbaikan atau skenario tindakan yang diharapkan dapat mengatasi masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas proses belajar dengan penggunaan media flasd card dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak dan menyiapkan intrumen pengumpulan data yaitu : a) Lembar penilaian kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan b) Lembar evaluasi / tes akhir tingkat ketuntasan siswa. 2) Langkah-langkah pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan proses belajar yang memuaskan. Pada siklus I suasana belajar cukup, siklus II mengalami peningkatan, yakni berada pada taraf kualifikasi cukup baik. 3) Hasil pembelajaran a) Pada tahap awal sebagian besar anak memiliki kemampuan yang rendah dengan rata-rata nilai 56,59. b) Siklus I dengan penggunaan media flasd card dan mendapakan nilai rata-rata 67,95. Dan c) Penggunaan media flasd card dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok B TK Muslimat Nurul Amien Pakandangan Sangra Bluto Sumenep dalam pembelajaran siklus berdaur dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan hal ini nilai tes siswa rata-rata 86,82.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:05
Last Modified: 09 Jul 2024 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6304

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item