Sugianto, Melly Rosalina (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kelompok Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Mentari Bangkit Parteker Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_Cover_PIAUD.pdf Download (17kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_Lembar Persetujuan_PIAUD.pdf Download (81kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (109kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (12kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (16kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_BAB I_PIAUD.pdf Download (212kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_BAB IV_PIAUD.pdf Download (271kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (139kB) |
|
Text
Melly Rosalina Sugianto_19381062082_Surat Keaslian Penulisan_PIAUD.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Kelompok, Kecerdasan Kognitif, Anak Usia Dini Pembelajaran PAUD memegang peranan sangat penting dalam proses perjalanan hidup manusia. Di mana dalam suatu lembaga pastinya memiliki model pembelajaran yang berbeda-beda dalam mengembangkan aspek perkembangan anak, seperti model pembelajaran klasikal, model pembelajaran kelompok, sentra serta area. Dari berbagai model pembelajaran yang ada model pembelajaran kelompok dinilai lebih baik dari pada model pembelajaran klasikal karena metode pembelajaran kelompok dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini secara optimal dan dapat memberikan kebebasan anak untuk memilih kegiatan apa yang akan dilakukan masing-masing anak terlebih dahulu sesuai dengan minatnya. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga point penting. Pertama, bagaimana implementasi model pembelajaran kelompok pada anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Kedua, bagaimana implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Ketiga, apa kendala dalam implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah TK Mentari Bangkit Parteker Pamekasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi model pembelajaran kelompok di TK Mentari Bangkit dalam langkah pelaksanaannya sesuai dengan langkah pelaksanaan yang ada dalam kegiatan pendahuluan/ awal, kegiatan inti, istirahat, kegiatan penutup. (2) implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit dengan cara eksperimen warna, mencocokan warna dan bilangan dengan warna yang sesuai, menghubungkan bilangan atau kata, mengenal binatang melalui suara, dan juga di TK Mentari Bangkit untuk membantu mengembangkan kecerdasan kognitif anak ada pelajaran tambahan yaitu sempoa yang dapat membantu anak dapat mengenal bilangan. (3) Kendala dalam implementasi model pembelajaran kelompok dalam mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini di TK Mentari Bangkit, kendala utama terletak pada kecerdasan anak yang berbeda-beda, ruang kelas yang terbatas, kurangnya tenaga pendidik dalam setiap kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6306 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |