Strategi Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan

Jazilah, Farhatul (2023) Strategi Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Farhatul Jazilah_19381062025_Cover_PIAUD..pdf

Download (24kB)
[img] Text
3. Farhatul Jazilah_19381062025_HALAMAN PERSETUAN_PIAUD.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4. Farhatul Jazilah_19381062025_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (147kB)
[img] Text
5. Farhatul Jazilah_19381062025_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. Farhatul Jazilah_19381062025_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (8kB)
[img] Text
7. Farhatul Jazilah_19381062025_BAB I_PIAUD.pdf

Download (268kB)
[img] Text
8. Farhatul Jazilah_19381062025_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
9. Farhatul Jazilah_19381062025_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
10. Farhatul Jazilah_19381062025_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (220kB)
[img] Text
11. Farhatul Jazilah_19381062025_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12. Farhatul Jazilah_19381062025_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (142kB)
[img] Text
2. Farhatul Jazilah_19381062025_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya _dan_Persetujuan _Publikasi_PIAUD.pdf

Download (111kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung), Aspek Perkembangan Kognitif Anak Strategi pembelajaran calistung merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang anak agar bisa mempelajarai hal lainnya agar lebih mudah dalam menerima pembelajaran. Calistung adlaah keterampilan yang melingkup beberapa kemampuan yaitu kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Membaca adalah kemampuan yang berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dari sebuah tulisan. Sedangkan membaca adalah proses berfikir yang melibatkan visual, bahasa, kognitif melalui tulisan. Ada tiga permasalahan dalampenelitian ini, Pertama, Bagaimana strategi pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Calistung (membaca, menulis berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Ketiga, Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran Calistung (membaca, menulis, berhitung) Dalam Mengembangkan Kognitif Anak kelompok B di TK Sekar Jambi, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan orang tua peserta didik di TK Sekar Jambi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan tekhnik metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) yang di gunakan di TK Sekar Jambi yaitu : a. Pembelajaran membaca menggunakan strategi pembelajaran individual, b. Pembelajaran menulis mengguanakan strategi pembelajaran langsung, c. Pembelajaran berhitung menggunakan strategi pembelajaran kelompok. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran calistung di TK Sekar Jambi diantaranya yaitu : 1) Faktor Pendukung yaitu: media, peran orangtua, minat belajar dan kecerdasan anak, 2) Faktor penghambat yaitu : konsentrasi peserta didik kurang baik, tingkat kecerdasan anak, kurang aktifnya anak didik. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi hambatan calistung sangat di butuhkan oleh anak didik, guru menggunakan beberapa media dalam pembelajaran agar anak lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:04
Last Modified: 09 Jul 2024 02:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6315

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item