Wahidah, Robiatul (2023) Peningkatan Nilai Agama Moral Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Cerita Kisah Nabi di RA Al-Hidayah Desa Panglegur Kecamatan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
RobiatulWahidah_19381062051_COVER_PIAUD.pdf Download (16kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_HalamanPersetujuan_PIAUD.pdf Download (137kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_Pengesahan_PIAUD.pdf Download (179kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (287kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (190kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_BAB I_PIAUD.pdf Download (329kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_BAB IV_PIAUD.pdf Download (296kB) |
|
Text
RoboatulWahidah_19381062051_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (303kB) |
|
Text
RobiatulWahidah_19381062051_KeaslianTulisan_PIAUD.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kata Kunci: nilai, agama, moral, metode cerita Metode cerita kisah Nabi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan cerita-cerita tentang kehidupan dan ajaran Nabi dalam agama Islam sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai agama, moral, dan etika kepada anak atau peserta didik. Dalam metode ini, guru atau pendidik menceritakan kisah-kisah Nabi secara naratif dan mendetail untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip agama dan moral yang ingin diajarkan. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk membantu anak-anak memahami dan menginternalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kisah-kisah yang menginspirasi dan mendidik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Penerapan Metode Bercerita Kisah Nabi Dalam Meningkatkan Nilai Agama Moral Anak Usia 3-4 Tahun Di RA Al-Hidayah, dan 2) Untuk Mengetahui Peningkatan Nilai Agama Moral Anak Usia Dini 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita Kisah Nabi Di RA AlHidayah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang dilakukan dalam lingkungan kelas dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran dengan jumlah populasi sebanyak 10 anak. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil di Siklus 1 menunjukkan pencapaian indikator sebesar 60%. Hasil di Siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu mencapai 80%, sehingga perkembangan moral dan agama anak yang sebagian besar berkembang dengan sangat baik, dan 2) Perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak di RA Al-Hidayah mengalami peningkatan dari 30% jumlah keseluruhan anak pada observasi awal meningkat menjadi 60%, dan kemudian meningkat lagi menjadi 80% dari jumlah anak secara keseluruhan. Penerapan metode bercerita sebagai pendekatan pembelajaran untuk mengembangkan nilai-nilai agama dan moral peserta didik di RA Al-Hidayah telah memberikan hasil yang sangat baik dengan adanya peningkatan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6337 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |