Oktaviana, Nova Dwi (2023) Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Terpadu Multazam Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_COVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_PERSETUJUAN_PEMBIMBING.pdf Download (302kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_HALAMAN_PENGESAHAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_DAFTAR_ISI.pdf Download (14kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_BAB I.pdf Download (428kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_DAFTAR_RUJUKAN.pdf Download (402kB) |
|
Text
NOVA DWI OKTAVIANA_19381062084_KEASLIAN_TULISAN.pdf Download (130kB) |
Abstract
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Metode Bernyanyi Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Anak usia dini berada pada rentan 0-6 (Golden Age) tahun, pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang perkembangan manusia, seperti perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa sebagai salah satu dari kemampuan dasar yang harus dimiliki anak, terdiri dari beberapa tahapan sesuai dengan usia dan karakteristik perkembangannya. Perkembangan adalah salah satu perubahan yang berlangsung seumur hidup dan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi seperti biologis, kognitif, sosio-emosional. Dengan bahasa anak dapat mengkomunikasikan maksud, tujuan, pemikiran, maupun perasaannya pada orang lain. Salah satu yang dapat dilakukan dalam pengembangan kemampuan bahasa yaitu dengan metode bernyanyi, melalui metode ini anak dapat memahami dan mengekspresikan lagu yang dinyanyikan dengan lagu yang sesuai tema. Metode bernyanyi adalah suatu metode mengajar yang menggunakan lirik-lirik yang dilagukan. Bernyanyi merupakan suatu kegiatan music yang fundamental, karena anak dapat mendengar melalui inderanya serta dapat menyuarakan beragam nada dan irama musik. Melalui kegiatan bernyanyi diharapkan agar peserta didik mampu menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses belajar dan mampu mengembangkan atas kemampuan dan potensi dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya lebih optimal dan menjadikan kegiatan bernyanyi sebagai media dalam mengembangkan bahasa anak. Maka berdasarkan hal diatas, ada dua fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama, Bagaimana Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Terpadu Multazam Kabupaten Pamekasan: Kedua, Apa Saja Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Terpadu Multazam Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Maksudnya data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik di TK Islam Terpadu Multazam Kabupaten Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses atau penerapan dalam mengembangkan bahasa melalui metode bernyanyi adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang dilengkapi dengan rencana penilaian perkembangan anak., menyediakan media atau alat yang akan digunakan dalam bernyanyi dan menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut. Adapun faktor pendukung metode bernyanyi dalam mengmabngkan bahasa di TK Islam Terpadu Multazam adalah motivasi yang diberikan oleh guru, metode yang digunakan, dan media atau sarana yang memadai. Dan faktor penghambat dari metode bernyanyi dalam mengembangkan bahasa di TK Islam Terpadu Multazam yaitu anak yang pendiam atau pemalu, kuang percaya diri, kurang tertib dan kurangnya stimulasi dari lingkungan keluarga
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6344 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |