Mukarromah, Ulfatul (2023) Implementasi media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ULFATUL M_19381062014_PIAUD_COVER.pdf Download (163kB) |
|
Text
Ulfatul Mukaromah_19381063014_PIAUD_ Lembar ps.pdf Download (39kB) |
|
Text
ULFATUL M_ 19381062014_PIAUD LPENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
|
Text
ULFATUL M_19381062014_PIAUD_ABSTARK.pdf Download (149kB) |
|
Text
ULFATUL M_19381062014_PIAUD_DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
ULFATUL M_1981062014_PIAUD_BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text
ULFATUL M_19381062014-PIAUD_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
ULFATUL M_19381062014_PIAUD BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
ULFATUL M_19381062014_PIAUD_BAB IV.pdf Download (819kB) |
|
Text
ULFATUL M_1981062014_PIAUD_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
ULFAUL M_19381062014_PIAUD_ DAPUS.pdf Download (347kB) |
|
Text
ULFATUL M-19381062014_PIAUD- SKASLI.pdf Download (57kB) |
Abstract
Kata kunci: Media Pembelajaran Sains, Perkembangan Kognitif anak usia dini. Konteks penelitian ini berdasarkan media pembelajaran yang digunakan dalam lembaga TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan khususnya dalam media pembelajaran sains yang belum maksimal pada pengunaannya, hal ini terlihat dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya dan menunjukan aktivitas dalam memecahkan masalah yang di hadapinya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah media yang digunakan dalam mengembangkan kognitif khususnya dalam pembelajaran sains belum maksimal baik dari penerapan serta pemanfaatan dalam media tersebut. hal ini terlihat dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya, menunjukan aktifitas yang bersifat eksploratif dan dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu rumusan pemecahan masalah ini adalah Bagaimana penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Sains untuk Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK MUSLIMAT NU Nurul Hasanah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 3 orang guru kelas B di TK MUSLIMAT NU Nurul Hasanah. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data penarikan kesimpulan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data dengan melakukan uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains telah dilakukan secara bertahap-tahap, pertama melakukan persiapan, kedua melakukan pelaksanaan, dan terakhir ketiga melakukan kegiatan penutup. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mendeskripsikan penerapan pemanfaatan media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan. 2. Untuk mendeksripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pemanfaatan media pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Nurul Hasanah Panglegur Pamekasan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya kemampuan anak dalam perkembangan kognitif yang di peroleh dalam penerapan pemanfaatan media pembelajaran sains menggunakan metode eskperimen pembuatan susu pelangi dilakukan secara bertahap mulai dari peencanaan, media pembelajaran yang digunakan, pengenalan serta pelaksanaan dalam kegiatan ini. Pada kegiatan dilakukan guru sudah menyiapkan berbagai macam alat dan bahan yang akan digunakan, namun hal ini kurang optimal dalam mengembangkan indikator pencapaian yang diamati dalam penelitan ini, 1). Menunjukan aktivitas yang menunjukan eksploratif, 2) mengenal sebab akibat tentang lingkungan, 3) memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Hal ini disebabkan oleh media sains yang digunkan kurang tepat karena tidak menjadikan alam sebagai media utama yang digunakan, sebab melalui media alam, perkembangan kognitif anak usia dini mudah tergali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6355 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |