Wulandari, Yuni Yanti (2023) Efektivitas Metode Tanya Jawab Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_SAMPUL_PIAUD.pdf Download (37kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_HALAMAN PERETUJUAN_PIAUD.pdf Download (202kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (210kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (7kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (177kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_BAB I_PIAUD.pdf Download (368kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_BAB IV_PIAUD.pdf Download (480kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (101kB) |
|
Text
YUNI YANTI WULANDARI_19381062039_SURAT KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (212kB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektifitas, Metode Tanya Jawab, Perkembangan Bahasa. Efektivitas merupakan suatu keadaan yang menunjukkan sejauh mana rencana dapat tercapai. Efektivitas pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode tanya jawab dengan cara guru memberikan beberapa pertanyaan pada anak dan anak menjawabnya. Sehingga terciptanya suatu perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa adalah kunci dimana anak bisa mengungkapkan segala sesuatu dengan perlahan. Melalui kegiatan metode tanya jawab diharapkan anak lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, mampu mengembangkan kemampuan berbahasa, dan menciptakan suasana yang kondusif didalam kelas. Maka berdasarkan hal diatas, ada tiga fokus penelitian yang peneliti kaji. Pertama, Bagaimana efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan: Kedua, apa faktor penghambat dan faktor pendukung metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan: Ketiga, apa saja kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Maksudnya data yang telah diperoleh yakni dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah dan guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Seddur Pakong Pamekasan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan bahasa adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian, menyediakan media dan alat, menjadi fasilitator. Adapun faktor pendukung metode tanya jawab adalah sarana yang memadai dan motivasi yang diberikan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang percaya diri dan pemalu. Adapun kelebihan metode tanya jawab yakni dapat menciptakan suasana yang kondusif, dapat menilai anak secara langsung. Sedangkan kekurangannya adalah pembelajaran yang terlalu monoton dan kurangnya guru pendamping.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6367 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |