Analisis Aspek Spiritual dalam Pengajaran IPS Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan

Riana, Sinta Rosa (2020) Analisis Aspek Spiritual dalam Pengajaran IPS Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Cover_TIPS.pdf

Download (116kB)
[img] Text
3 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (103kB)
[img] Text
4 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (193kB)
[img] Text
5 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Abstrak_TIPS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Kata_Pengantar_TIPS.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (217kB)
[img] Text
8 Sinta Rosa Riana_20160701080088_BAB I_TIPS.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9 Sinta Rosa Riana_20160701080088_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
10 Sinta Rosa Riana_20160701080088_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
11 Sinta Rosa Riana_20160701080088_BAB IV_TIPS.pdf

Download (414kB)
[img] Text
12 Sinta Rosa Riana_20160701080088_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
13 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (315kB)
[img] Text
2 Sinta Rosa Riana_20160701080088_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TIPS.pdf

Download (99kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran terdapat empat kompetensi inti, salah satunya adalah KI-1 atau Aspek Sikap Spiritual. Aspek ini berkenaan dengan sikap religiulitas dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Namun pada kegiatan proses pembelajaran, aspek ini sering tidak diimplementasikan dengan baik. Terlihat bahwa tidak banyak guru mengembangkan aspek spiritual dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran IPS. Ditinjau dari konteksnya, pembelajaran IPS memuat nilai-nilai spiritual yang dapat membantu perubahan karakter siswa menjadi lebih baik. Sehingga perlu adanya penekanan pada aspek spiritual guna membentuk karakter religius siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana strategi guru dalam menanamkan aspek spiritual dalam pengajaran IPS terhadap pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan; (2) bagaimana hasil dari penanaman aspek spiritual dalam pengajaran IPS terhadap pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan; dan (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat penanaman aspek spiritual dalam pengajaran IPS terhadap pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS, waka kesiswaan dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang diterapkan guru IPS dalam menanamkan aspek spiritual dalam pengajaran IPS adalah mengucapkan/menjawab salam, membaca do’a, serta mengintegrasikan materi IPS dengan ayat-ayat al-Quran maupun Hadis, pemberian penguatan-penguatan berupa motivasi atau pesan-pesan moral, dan pemberian contoh berkenaan spiritual/agama. (2) Hasil dari proses internalisasi aspek spiritual dalam pengajaran IPS menunjukkan perubahan sikap siswa yang menjadi lebih baik yang mempunyai karakter religius, toleransi, cinta tanah air, mandiri, komunikatif, tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Selain itu juga berdampak pada penambahan wawasan siswa mengenai ilmu agama. (3) Faktor pendukungnya adalah kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran, motivasi siswa, sarana prasarana, kegiatan di bidang spiritual, dan budaya sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari guru, siswa, lingkungan, dan faktor secara teknis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m_071 ??
?? m_079 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:55
Last Modified: 03 Feb 2021 01:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/639

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item