Maulinda, Alfaina (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pelajaran Merancang Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_SAMPUL_TBIN.pdf Download (375kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf Download (430kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf Download (71kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_ABSTRAK_19381072160_TBIN.pdf Download (403kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_DAFTAR ISI_TBIN.pdf Download (406kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_BAB I_TBIN.pdf Download (315kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_BAB IV_TBIN.pdf Download (647kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf Download (453kB) |
|
Text
ALFAINA MAULINDA_19381072160_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf Download (57kB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Karya Ilmiah Strategi pembelajaran inkuiri adalah pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga peserta didik dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan percaya diri. Strategi pembelajaran inkuiri ini menekankan pada proses mencari dan menemukan. Karya ilmiah ialah salah satu bentuk karya tulis. Karya ilmiah merupakan suatu tulisan yang membahas suatu permasalahan secara ilmiah yang dilakukan seorang penulis atau peneliti. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana perencanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam merancang karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 3 Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam pelajaran merancang karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam pelajaran merancang karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informanya adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa SMAN 3 Pamekasan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi pembelajaran inkuiri dalam pelajaran merancnag karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 3 Pamekasan yaitu guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti prota, prosem, silabus, dan RPP, guru juga menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan dan juga memiliih strategi pembelajaran yang akan digunakan. (2) Siswa lebih mudah paham karena siswa berperan aktif dalam memecahkan suatu persoalan dengan sendirinya . (3) siswa bisa mengingat pemahamannya karena didasari dari hasil berfikir dan menemukan sendiri jawaban dari persoalan yang diberikan. Dari hasil pemahamannya siswa sudah bisa dalam merancang sebuah karya ilmiah berdasarkan jenis, struktur, dan kelengkapan isinya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:58 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6473 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |