Literasi Baca Tulis dalam Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Larangan Pamekasan

Maulana, M. Ilham (2023) Literasi Baca Tulis dalam Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Cover_TBIN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Abstrak_TBIN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_BAB I_TBIN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_BAB IV_TBIN (1).pdf

Download (386kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
M. Ilham Maulana_19381071144_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TBIN.pdf

Download (361kB)

Abstract

Kata Kunci: Literasi Baca Tulis, Menulis, Teks Prosedur. Literasi baca tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memhami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan tertentu. Bentuk kegiatan dalam literasi baca tulis sudah menjadi bagian kebutuhan yang sangat penting. Peneitian ini terdapat dua tujuan penelitian yaitu petama, bagaimana penerapan literasi baca tulis dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII di SMPN 1 Larangan. Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung literasi baca tulis dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII di SMPN 1 Larangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia, dan siswa SMPN 1 Larangan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan budaya literasi baca tulis dalam menulis teks prosedur di SMPN 1 Larangan Pamekasan yaitu dengan membiasakan siswa melakukan kegiatan membaca 10-15 menit sebelum pembelajaran teks prosedur dimulai, lalu guru memerintahkan siswa untuk menyimpulkan dan merangkum hasil bacaan di buku catatannya kemudian guru menjelaskan kembali materi pembelajaran. dan yang terakhir guru memerintahkan siswa untuk membuat teks prosedur secara berkelompok. (2) faktor pendukung yaitu pertama, adanya peran guru dan orang tua yang selalu memberikan motivasi terhadap siswa/anaknya. Kedua, lingkungan sekolah yang kondusif juga memadai faktor pendukung dari kegiatan literasi baca tulis dalam menulis teks prosedur. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor internal dan eksternal. faktor internal yaitu terdapat beberapa siswa yang masih kurang memahami penulisan teks prosedur, kedua siswa masih kurang menyukai pembelajaran teks prosedur. Faktor eksternal yaitu sarana dan prasarana di sekolah masih kurang dalam meningkatkan literasi baca tulis, kedua kondisi buku di perpustakaan yang sudah mulai rusak termakan usia dn terbatasnya koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:37
Last Modified: 17 Jul 2024 02:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6516

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item