Abrori, Miftahul (2023) “Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI MA Miftahul Ulum Sumberjati Tahun Pelajaran 2023-2024”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Miftahul Abrori_20381071022_Cover_TBIN.pdf Download (74kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (114kB) |
|
Text
MIftahul Abrori_20381071022_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf Download (148kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_Abstrak_TBIN.pdf Download (84kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_Daftar_Isi_TBIN.pdf Download (35kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_BAB I_TBIN.pdf Download (215kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_BAB IV_TBIN.pdf Download (311kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20381071022_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
Miftahul Abrori_20281071022_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (106kB) |
|
Text
MIftahul Abrori_20381071022_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TBIN.pdf Download (130kB) |
Abstract
Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (Air), Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap prestasi belajar siswa materi teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Miftahul Ulum Sumberjati tahun pelajaran 2023-2024, dan mengetahui seberapa besar keefektivan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap prestasi belajar materi teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Miftahul Ulum Sumberjati tahun pelajaran 2023-2024. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Sumberjati mulai tanggal 17 sampai 20 Oktober 2023. Metode yang digunakan ialah metode kuantitaif dengan jenis penelitian True Experimental Design bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ialah kelas XI A dan B yang terdiri dari 6 siswa pada masing-masing kelas, yang jumlah kesuluruhan sebanyak 12 siswa. Instrument yang digunakan ialah metode tes bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil Posttest terhadap prestasi belajar siswa setelah dilakukan uji t test menggunakan IBM SPSS 29 menunjukkan nilai T hitung ialah 4,940, maka dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 dengan df 10 nilai T tabel ialah 0,576. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga sesuai dengan siswa lebih aktif dalam berdiskusi berpikir nalar, dan mengingat pelajara yang telah dipelajari sehingga bisa mengoptimalkan prestasi belajar siswa. Besar keefektifan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran materi teks eksplanasi mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI MA Miftahul Ulum Sumberjati tahun pelajaran 2023-2024 ialah sebesar 0,31 yang tergolong efek kecil. Hal ini hasil dari perhitungan Effect Size uji Independent t test Cohend’d.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:37 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6520 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |