Putri, Miftakhul Ryiskiyah (2023) Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Cover_TBIN.pdf Download (252kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (114kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (64kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Abstrak_TBIN.pdf Download (7kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Daftar_Isi_TBIN.pdf Download (246kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_BAB I_TBIN.pdf Download (511kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_BAB IV_TBIN.pdf Download (974kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf Download (352kB) |
|
Text
Miftakhul Ryiskiyah Putri_19381072032_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf Download (62kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Mind mapping, Keterampilan Menulis, Teks Pidato Persuasif Penelitian ini mengungkapkan cara guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Pamekasan, yang meliputi cara guru mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, kesulitan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswakelas IX di SMPN 4 Pamekasan dan objek penelitian ini adalah pembelajaran Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara , dokumentasi dan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini disesuaikan dengan ada 2 fokus penelitian. Pertama, bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4 Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dari Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 4. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) perencanaan persiapan pembelajaran Bahasa Indonesia menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dimodifikasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode mind mapping yang disesuaikan dengan materi dan situasi kelas; (3) penilaian dan evaluasi pembelajaran lebih banyak dilakukan dalam bentuk tes tertulis untuk menilai kemampuan siswa. (4) faktor penghambat yaitu kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah adanya siswa yang kurang paham mengenai cara menulis teks pidato persuasif dengan baik didik secara adil dan manajemen waktu yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:45 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6521 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |