Suwardi, Ahmad (2024) Metode Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahut Thullab Kedungdung Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Cover_PAI.pdf Download (39kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (135kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Pengesahan_Dewan_Penguji_PAI.pdf Download (293kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Abstrak_PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (21kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_I_PAI.pdf Download (237kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_IV_PAI.pdf Download (268kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_BAB_VI_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (83kB) |
|
Text
Ahmad_Suwardi_20380011007_Pernyataan_Keaslian_PAI.pdf Download (154kB) |
Abstract
Kata kunci : Metode Pembelajaran, Fiqih, motivasi belajar. Pendidikan akan maju salah satunya dengan adanya guru yang profesional, dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam pembentukan sumber daya manusia yang potensial dibidang pembangunan tidak lepas dari seorang guru. Berkaitan dengan ini sebenarnya guru memiliki peran yang unik sangat komplek dalam proses belajar mengajar dalam usahanya mengantarkan siswa ketaraf yang dicita-citakan. Oleh karenanya setiap rencana kegiatan harus dapat didudukkan dan dibenarkan semata-mata demi kepentingan siswa sesuai dengan profesi dan tanggung jawab. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Metode Pembelajaaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Fiqih Di MTs Miftahut Thullab Kedungdung Sampang?. Kedua, Apa saja kelebihan dan kekurangan Metode Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Fiqih Di MTs Miftahut Kedungdung Sampang?. Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut peneliti menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi yang dipilih sebagai sasaran penelitian ialah lembaga Madrasah Tsanawiyah Miftahut Thullab Kedungdung Sampang. pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi atau (pengamatan), dan dokumentasi terhadap sumber-sumber terkait. Analisis data pada saat dan setelah penelitian berlangsung menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Metode yang digunakan guru mata pelajaran fiqih di MTs Miftahut Thullab Kedungdung Sampang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ada tiga metode pembelajaran yaitu Pertama, metode ceramah yaitu metode yang menggunakan lisan dalam penyampaian materinya. Kedua, metode tanya jawab yaitu cara penyajian pelajaran dengan mengajukan pertanyaan baik dari guru atau siswa. Ketiga, metode diskusi/musyawaroh yaitu proses tukar menukar informasi antara dua atau lebih seorang dalam memecahkan masalah. Kelebihan dan kekurangan pada metode yang digunakan guru mata pelajaran fiqih di MTs Miftahut Thullab antara lain, Pertama, Kelebihan metode ceramah yaitu guru menguasai arah pembicaraan didalam kelas, organisasi kelas sederhana, guru mudah mengatur tempat duduk siswa, dapat di ikuti jumlah murid banyak. Sedangkan kekurangannya yaitu guru tidak mengetahui pencapaian pemahaman siswa, kata-kata guru ditafsirkan lain oleh siswa, membuat siswa tidak kreatif. Kedua, kelebihan metode tanya jawab, pertanyaan menarik perhatian siswa, melatih mengembangkan daya pikir siswa, mengembangkan keberanian siswa, membantu siswa menemukan kebenaran, guru dapat melihat kemampuan setiap siswa. Kekurangan tanya jawab yaitu mudah menyimpang dari pokok permasalahan, menimbulkan masalah baru, siswa merasa takut mengajukan pertanyaan, sukar membuat pertanyaan yang sesuai dengan pemahaman siswa. Ketiga, kelebihan metode diskusi yaitu memperluas wawasan siswa, meningkatkan kreativitas siswa, mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain, menumbuhkan partisipasi siswa lebih aktif. Sedangkan kekurangannya yaitu diskusi akan dikuasi oleh siswa yang suka bicara, tidak dapat dipakai kelompok besar, siswa mendapat informasi terbatas, menyerap waktu yang banyak, guru tidak memahami cara siswa melakukan diskusi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 07:36 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |