Perbandingan Pengaruh Metode Show and Tell dan Metode Pembelajaran Berbasis Penelitian beserta Presentasi terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 3 Pamekasan

Mufida, Naila Imtiyaz (2023) Perbandingan Pengaruh Metode Show and Tell dan Metode Pembelajaran Berbasis Penelitian beserta Presentasi terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Cover_TBIN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Halaman_Persetujuan_TBIN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Halaman_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Abstrak_TBIN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_BAB I_TBIN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_BAB IV_TBIN.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Naila Imtiyaz Mufida_19381072159_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TBIN.pdf

Download (215kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Show and Tell, Metode Pembelajaran Berbasis Penelitian dan Presentasi Keterampilan Berbicara Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang dalam mengutarakan ide dan gagasan secara lisan. Kegiatan ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi, mereka masih sulit untuk berbicara didepan umum, seperti dikelas ketika presentasi. Hal ini disebabkan karena mereka tidak terbiasa atau metode pembelajaran yang digunakan masih kurang efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan adanya salah satu pendekatan pembelajaran show and tell dan pembelajaran berbasis penelitian beserta presentasi yang dapat memotivasi siswa, serta efektif dalam melatih keterampilan berbicara siswa dan berpikir kritis. Berdasarkan deskripsi tersebut, tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu: untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa SMAN 3 Pamekasan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode show and tell dan metode berbasis riset serta presentasi tersebut terhadap keterampilan berbicara siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan menggunakan desain penelitian between-subjects design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A dan X-C SMAN 3 Pamekasan. Sampel yang digunakan adalah cluster sampling karena sampel ini meneliti siswa secara berkelompok dengan berisi 6 orang dalam setiap kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktik, dokumentasi, serta hasil kerja siswa. Kedua metode pembelajaran ini mendapatkan nilai rata-rata 21,3 untuk metode penelitian dan presentasi, dan 17,4 untuk metode show and tell.Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, Pertama tidak terdapat pengaruh pada penggunaan metode show and tell terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas X-A SMAN 3 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan uji t test. Pada uji tersebut, ditemukan nilai thitung sebesar 4,9, sedangkan nilai yang dihasilkan ttabel sebesar 2,1447. Dari hasil yang diperoleh pada rumus uji t yang digunakan, membuktikan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima dengan taraf signifikan <0,05. Kedua, seberapa besar pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa. Dalam hal ini, kelas show and tell memperoleh persentase sebesar 18%, sedangkan kelas berbasis riset dan presentasi mendapatkan 20% terhadap keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:50
Last Modified: 29 Aug 2024 07:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6573

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item