Pratama, Rizal Musthofa, (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (166kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (409kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (360kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (545kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
KEASLIAN TULISAN PERNYATAAN KEASLIAN TUL.pdf Download (183kB) |
Abstract
Kata Kunci: Cooperative integrated reading and composition, Menulis puisi. Model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memadukan antara keterampilan membaca dan menulis dengan menggunakan suatu kerjasama kelompok didalamnya. Dengan model pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat menguasai, memahami, mengiplementasikan keterampilan dalam membaca, menulis, dan menyimak. Ada dua permasalahan yang diambil pada penelitian ini. Pertama, Bagaimana pengaruh cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MAN 2 Pamekasan. Kedua, Bagaimana respon siswa siswa kelas X MAN 2 Pamekasan setelah menggunakan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa pretest and posttest. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data statistik dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Populasi yang diambil dalam kelas X MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini mengambil 54 peserta didik sebagai sample penelitian, kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 anak dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 27 anak. Uji t yang digunakan berupa uji paired sample t test yaitu untuk menentukan dan . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data-data hasil penelitian pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MAN 2 memperoleh nilai signifikansi 0,03 dengan menggunakan uji paired sample t test. Jika signifikansi (≤0,05) maka diterima dan ditolak. Dari hasil tersebut menunjukkan (0,03≤0,5) yang berati terdapat pengaruh pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi siswa eelas X MAN 2 Pamekasan. Berdasarkan angket repon yang telah diterima oleh penelita dengan 5 indikator yang meliputi: persepsi peserta didik terhadap model pembelajaran memperoleh presentase 83% dengan kategori sangat baik, Motivasi peserta didik dalam pembelajaran memperoleh presentase 84% dengan kategori sangat baik, kejelasan materi dalam pembelajaran memperoleh presentase 80% dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran memperoleh presentase79% dengan kategori sangat baik dan, tanggapan peserta didik terhadap guru saat mengajar menperoleh presentase 84% dengan kategori iv sangat baik. Dari hasil tesebut memperoleh rata-rata keseluruhan dengen presentase 83% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:47 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6574 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |