Penerapan Metode Karyawisata Dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan

Firmansyah, Ach Adi (2023) Penerapan Metode Karyawisata Dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (218kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-1.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Karyawisata, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi Keterampilan menulis teks deskripsi adalah keterampilan siswa untuk dapat menangkan ide dan pikiran mendeskripsikan sesuatu dalam bentuk tulisan. Permasalahan muncul di kelas VII MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan yakni minimnya keterampilan menulis siswa terutama dalam materi teks deskripsi hal ini dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang monoton. Metode karyawisata adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian. Pertama, bagaimana penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Ketiga, bagaimana dampak penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa serta lembar hasil menulis siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan sebagai berikut: pertama penerapan melalui tiga tahapan diantaranya perencanaan meliputi obervasi objek pembelajaran serta penyiapan buku paket dan RPP, pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Evaluasi untuk memberikan evaluasi proses pembelajaran. Kedua, Faktor pendukungnya yakni tersedianya buku penunjang dan objek karyawisata dekat dengan madrasah serta faktor penghambatnya yakni pembelajaran di tempat wisata menjadikan siswa kurang karena adanya kejadian alam atau interaksi lainnya. Ketiga, dampak positif penerapan metode metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi yakni siswa mendapatkan gambaran yang konkrit mengenai hal-hal yang akan ditulis serta siswa mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:49
Last Modified: 17 Jul 2024 02:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6584

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item