Firmansyah, Ach Adi (2023) Penerapan Metode Karyawisata Dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII Di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (218kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (287kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (769kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-1.pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Karyawisata, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi Keterampilan menulis teks deskripsi adalah keterampilan siswa untuk dapat menangkan ide dan pikiran mendeskripsikan sesuatu dalam bentuk tulisan. Permasalahan muncul di kelas VII MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan yakni minimnya keterampilan menulis siswa terutama dalam materi teks deskripsi hal ini dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang monoton. Metode karyawisata adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian. Pertama, bagaimana penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Ketiga, bagaimana dampak penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa serta lembar hasil menulis siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan sebagai berikut: pertama penerapan melalui tiga tahapan diantaranya perencanaan meliputi obervasi objek pembelajaran serta penyiapan buku paket dan RPP, pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Evaluasi untuk memberikan evaluasi proses pembelajaran. Kedua, Faktor pendukungnya yakni tersedianya buku penunjang dan objek karyawisata dekat dengan madrasah serta faktor penghambatnya yakni pembelajaran di tempat wisata menjadikan siswa kurang karena adanya kejadian alam atau interaksi lainnya. Ketiga, dampak positif penerapan metode metode karyawisata dalam keterampilan menulis teks deskripsi yakni siswa mendapatkan gambaran yang konkrit mengenai hal-hal yang akan ditulis serta siswa mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:49 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6584 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |