Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan

Syakur, Abd. (2024) Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
ABD SYAKUR_19381091048_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (237kB)

Abstract

Kata kunci: Peran Guru, Perilaku, Bullying Guru merupakan pembimbing dimana berdasarkan pengalaman serta pengetahuannya tentang pemebelajaran, tanggung jawab terhadap pendidikan dan perkembangan siswa-siswanya. Dalam penanganan bullying guru harus berperan serta di dalamnya, yakni dengan melakukan kerja sama baik sesama guru, wali murid dan siswa itu sendiri. Dimana, terjadinya perilaku bullying ini peran guru sangat dibutuhkan sebab bullying memiliki dampak yang sangat negatif. Dalam penelitian ini terdapat fokus penelitian yaitu: pertama, bagaimana gambaran perilaku bullying di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan? Kedua, bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di pada siswa di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan?, ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru di dalam mengatasi perilaku bullying di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ada 3 (tiga) yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan beberapa siswa. Sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: pertama, perilaku bullying yang terjadi di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan ada dua yakni bulliying fisik misalnya menjambak, memukul tanpa sebab, dan bullying verbal seperti memangil namanya dengan sebutan orang tua, berkata kasar dengan sebutan anjing, babi, dan jancok. Kedua, dalam mengatasi perilaku bullying seorang guru di MTs. Nasyrul Ulum Pamekasan memiliki peran yakni dengan memberi support, nasehat dan bimbingan serta membiasakn peserta didik meningkatkan ibadah misal dengan membaca yasin bersama dan sholat berjamaah. Ketiga, terdapat faktor pendukung seorang guru dalam perannya untuk mengatasi perilaku bullying misal guru membimbing dan mengawasi siswa untuk menjaga kerukanan dan kedamaian, komunakasi yang efektif antara guru maupun guru dengan siswa. Sedangkan penghambatnya yaitu dari faktor lingkungan sekitar, pergaulan yang kurang baik dimana kurangnya pengawasan dari orang tua mengenai pergaulan siswa sangat berpengaruh besar terhadap tingkah laku siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:44
Last Modified: 29 Aug 2024 07:44
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6612

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item