Zman, A.H Badiyus (2023) Strategi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Ma Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Cover_MPI.pdf Download (37kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Lembar Persetujuan Dosbim.pdf Download (64kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Lembar Pengesahan.pdf Download (130kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Abstrak_MPI.pdf Download (9kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Daftar Isi_MPI.pdf Download (10kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_BAB I_MPI.pdf Download (182kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_BAB IV_MPI.pdf Download (630kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (82kB) |
|
Text
A.H Badiyus Zaman_19381041105_Halaman Publikasi_Keaslian Tulisan.pdf Download (126kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Supervisi, Kinerja Guru Supervisi atau pengawasan pendidikan adalah bantuan profesional kesejawatan yang dilakukan melalui dialog kajian masalah pendidikan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah, guru dan staf sekolah lainnya guna mempertinggi kinerja sekolah menuju tercapainya mutu pendidikan.1 Supervisi akademik diselenggarakan dengan maksud membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan dan menganalisis (1) strategi atau tehnik supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan. (2) faktor pendukung dan penghambat supervisi oleh kepala madrasah untuk peningkatkan kinerja guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperolah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informennya adalah kepala MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan, beberapa guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan dilakukan dengan tiga strategi atau tehnik, yaitu: tehnik supervisi kunjungan kelas, tehnik supervisi rapat rutin, tehnik supervisi individual. (2) Faktor pendukung kegiatan supervisi oleh kepala madrasah untuk peningkatkan kinerja guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan yaitu: adanya budaya sekolah yang kondusif, adanya hubungan baik anatar kepala sekolah dengan guru, serta menerapkan disiplin terhadap tata tertib. Sedangkan faktor penghamabat supervisi oleh kepala madrasah untuk peningkatkan kinerja guru di MA Miftahul Ulum Madukawan Pamekasan yitu: keterbatasan waktu supervisi, sarana dan prasarana yang terbatas, serta kompleksistas tugas manajerial kepala Madrasah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |