“Implementasi Metode Murâjââh Dalam Proses Penghafalan Al-Qur’an Pada Program Tahfidz Qur’an Di MAN Sampang”

Fitriyani, Nur (2024) “Implementasi Metode Murâjââh Dalam Proses Penghafalan Al-Qur’an Pada Program Tahfidz Qur’an Di MAN Sampang”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012047_SAMPUL.pdf

Download (487kB)
[img] Text
20381012047_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf

Download (103kB)
[img] Text
20381012047_HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (169kB)
[img] Text
20381012047_ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
20381012047_DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
20381012047_BAB I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
20381012047_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20381012047_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
20381012047_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20381012047_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
20381012047_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
20381012047_KEASLIHAN TULISAN .pdf

Download (163kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Muraja’ah, Tahfidz Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan pada metode murâjââh dalam proses penghafalan al-Qur’an di MAN Sampang. menghafal al- Qur’an tidaklah mudah karena banyak faktor yang bisa menjadi alasan tidak bisa menghafal al-Qur’an seperti gangguan jiwa, tidak bisa mengatur waktu, gangguan lingkungan, rasa malas dan masih banyak lagi kesibukan. Sehingga peneliti menggunakan metode muruja’ah karena dengan adanya muraja’ah siswa mudah menghafal dan bisa menjaga hafalan sebelumnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana implementasi metode murâjââh dalam proses penghafalan al-Qur’an di MAN Sampang? Kedua, Faktor apa saja pendukung dan penghambat implementasi metode murâjââhdalam proses Penghafalan alQur’an di MAN Sampang? Ketiga, Bagaimana hasil implementasi metode murâjââh dalam proses penghafalan al-Qur’an di MAN Sampang.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian menggambarkan implementasi metode murâjââh dalam proses penghafalan al-Qur’an pada program tahfidz Qur’an di MAN Sampang. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah MAN Sampang. Dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru tahfidz dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode murâjââh dalam proses penghafalan al-Qur’an yaitu: Pertama, murâjââh hafalan bersama-sama dan disimak oleh guru, murâjââh hafalan al-Qur’an yang dilakukan bersama teman dan murâjââh ujian untuk hafalan al-Qur’an. Kedua, Mengenai faktor pendukung dan penghambat ada beberapa faktor pendukung dalam metode murâjââh yaitu adanya Dukungan kepala madrasah, kesabaran guru pendamping, dukungan orang tua, adanya tujuan program tahfidz Qur’an yang jelas. Sedangkan faktor penghambat yaitu ketidak disiplinnya guru, siswa yang sering terlambat, rasa malas yang dialami siswa, dan minimnya sebagian minat siswa. Ketiga, Hasil dari metode murâjââh ini yaitu, siswa mampu mencapai target hafalannya, siswa merasa mudah saat menghafal dan mampu menghafal al-Qur’an sesuai dengan makhraj, tajwid secara benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:36
Last Modified: 29 Aug 2024 07:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6643

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item