Muharromah, Nurus Syakila (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Soft skill Siswa Di SMA Negeri 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012050_SAMPUL.pdf Download (469kB) |
|
Text
20381012050_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (95kB) |
|
Text
20381012050_HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (118kB) |
|
Text
20381012050_ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
20381012050_DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
20381012050_BAB I.pdf Download (610kB) |
|
Text
20381012050_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text
20381012050_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
20381012050_BAB IV.pdf Download (493kB) |
|
Text
20381012050_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
20381012050_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
Text
20381012050_KEASLIAN TULISAN .pdf Download (205kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Soft skill. Perkembangan globalisasi saat ini menuntut kita untuk menyesuaikan visi, misi, tujuan dan strategi agar mampu mengimbangi kebutuhan di segala bidang kehidupan khususnya di bidang pendidikan, agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman .Pendidikan yang dilakukan seringkali hanya berfokus pada pengetahuan intelektual saja, namun keterampilan pribadi pesereta didik tidak dikembangkan. Meski berilmu tinggi, namun masih banyak yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, soft skill harus berjalan beriringam dengan pengetahuan intelektual. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang: 1) Bagaiman peran guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam mengembangkan Soft skill siswa di SMA Negeri 2 Sampang? 2) Apa saja Jenis Soft skill yang di kembangkan guru mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Sampang?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan peran guru mata pelajaran pendidikan agama islam dalam mengembangkan Soft skill siswa di SMA Negeri 2 Sampang. 2) Mendeskripsikan Jenis Soft skill yang di kembangkan guru mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Sampang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles, Hubermen, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam mengembangkan Soft skill siswa di SMA Negeri 2 Sampang adalah guru dapat membedakan antara mengajar dan mendidik, selalu mengingatkan siswa agar senantiassa membaca Al-Qur’an, memberikan contoh teladan, dan motivasi mengenai kedisiplinan dan tanggung jawab. Sedangkan peran guru sebagai innovator dalam mengembangkan Soft skill siswa yaitu Kemampuan berkomunikasi, kerja sama, kepemimpinan, keterampilan berpikir, kepercayan diri, menyelesaikan masalah, dan memiliki jiwa sosial serta spiritual dengan cara atau metode dan pembiasaan seperti metode pembiasaan teladan, metode cooperative learning, metode classical, menerapkan 3S, kegiatan pagi bersalaman dengan guru di gerbang sekolah, 2) Jenis Soft skill yang dikembangkan guru Pendidikan Agma Islam di SMA Negeri 2 Sampang yaitu kemampuan komunikasi, bekerja sama dan kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6644 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |