Faradisa, Fitria Gita (2024) Implementasi Pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka tahun 2022 di SMAN 2 PAMEKASAN. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012162_sampul.pdf Download (39kB) |
|
Text
20381012162_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
20381012162_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
20381012162_ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
20381012162_DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
|
Text
20381012162_BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
20381012162_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
20381012162_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
20381012162_BAB IV.pdf Download (495kB) |
|
Text
20381012162_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
20381012162_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
20381012162_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (124kB) |
Abstract
Kata Kunci: implementasi, pendidikan agama islam, kurikulum merdeka Implementasi pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka sejalan perkembangan zaman yang semakin modern ini para pendidik diharuskan bisa mengikuti perkembangan salah satunya dalam program kurikulum merdeka kebebasan dalam berinovasi Dalam kurikulum, inklusi dapat tercermin melalui penerapan profil pelajar Pancasila, misalnya dari dimensi kebinekaan global dan akhlak kepada sesama serta dari pembelajaran berbasis projek (project based learning). Pembelajaran berbasis projek ini nantinya akan otomatis memfasilitasi tumbuhnya toleransi sehingga terwujudlah inklusi. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini.Pertama,Bagaimana Implementasi pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka tahun 2022 di SMAN 2 Pamekasan? yang kedua Apa saja kelemahan dan kelebihan dalam implementasi pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka tahun 2022 di SMAN 2 Pamekasan?. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah: Kepala SMA, Guru PAI dan siswa siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,mendisplay atau menyajikan data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan,meningkatkan ketekunan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka meliputi 3 kegiatan, dapat dilihat dari perangkat ajar pembelajaran kurikulum merdeka sesuai kurikulum operasional satuan pendidikan,alur tajuan pembelajaran kemudian pelaksanaan pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka meliputi kegiatan pendahuluan berisi pemanasan dan apersepsi, kegiatan inti berisi penyampaian materi, dan kegiatan penutup berisi penilaian formatif. Ditandai dengan kelengkapan komponen Modul ajar PAI yang sudah dipersiapkan guru, meliputi komponen informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Dan yang kedua Kelemahan sering terjadi pada pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI yakni, pada siswa yang sebelumnya menggunakan kurikulum 2013 kemudian berganti ke kurikulum merdeka harus beradptasi yang lama. kelebihan yaitu motivasi siswa, pendidik yang sesuai dengan bidangnya, dan kelebihan dari sarana dan prasarana disekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6646 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |