Julianto, Ahmad (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pai pada Materi Asmaul Husna dengan Menggunakan Metode Index Card Match Kelas II SDI Mabdaul Falah Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_COVER_PAI.pdf Download (56kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (270kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (154kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_ABSTRAK_PAI.pdf Download (8kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (189kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_BAB I_PAI.pdf Download (151kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_201707010111015_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_BAB IV_PAI.pdf Download (652kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (217kB) |
|
Text
AHMAD JULIANTO_20170701011015_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (330kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hasil Belajar, Asmaul Husna, Metode Index Card Match. Hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna kelas II SDI Mabdaul Falah masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya penggunaan metode pembelajaran untuk membantu siswa memahami nama-nama ALLAH dalam Asmaul husna. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian, yaitu pertama, bagaimana penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna siswa kelas II ?. Dan kedua Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna dengan menggunakan metode Index Card Match pada siswa kelas II SDI Mabdaul Falah Sumenep? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan model siklus Kemmis & Taggart. yang dilakukan pada siswa kelas II SDI Mabdaul Falah yang berjumlah 18 siswa terbagi pada 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dalam pembelajaran Asmaul Husna pada siswa kelas II SDI Mabdaul Falah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa peningkatan hasil nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan siswa pada Siklus I nilai rata-rata 60,83 dan siklus II nilai rata-rata menjadi 75, dengan demikian rata-rata hasil belajar persiklus terlihat meningkat, dimana pada siklus I ke siklus II peningkatan sebesar 14,17%. Sementara persentase ketuntasan siswa pada tahap siklus I sebesar 44,44% sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 77,77%. Dan penggunaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Asmaul Husna pada siswa kelas II SDI Mabdaul Falah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siwa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 63,7%, menjadi 93,33% pada siklus II dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6648 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |