Rahman, Arsi Faizati (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Di Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_SAMPUL_PAI.pdf Download (32kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf Download (130kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf Download (144kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_ABSTRAK_PAI.pdf Download (68kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (320kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_BAB I_PAI.pdf Download (310kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_BAB IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (334kB) |
|
Text
ARSI FAIZATI RAHMAN_20381012076_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (177kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Question Student Have, Prestasi Belajar Siswa Question Student Have (QSH) merupakan salah satu metode active learning yang termasuk kedalam bagian collaborative learning dengan tujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam bekerja sama, kemampuan bertanya, konsentrasi belajar dan meningkatkan motivasi siswa. Cara melakukan metode ini yakni dengan membentuk kelompok sesuai jumlah siswa, kemudian berikan siswa kertas untuk menuliskan pertanyaan. Setelah pertanyaan ditulis, kemudian kertas pertanyaan tersebut dicentang jika ingin diberikan jawaban. Setelah terkumpul, kertas pertanyaan yang memiliki banyak centang, kemudian dibahas bersamasama. Permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran yakni guru menerapkan metode lama dan minimnya antusias siswa dalam menyimak pelajaran sehingga berakibat pada hasil prestasi belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, penulis merumuskan permasalahan yaitu, Bagaimana penerapan metode question student have dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin, dimana pada setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pamekasan. Untuk subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 6 yang berjumlah 28 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes siswa, dan lembar observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian yakni dikatakan berhasil jika 80% siswa mampu mencapai prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode question student have pada mata pelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian kriteria prestasi belajar minimal (KKM) yakni 65, pada bab “Berani Hidup Jujur”. Pada hasil prasiklus terdapat 19 siswa yang belum tuntas dalam hasil prestasi belajar. Kemudian pada siklus I, memperoleh 15 siswa yang belum tuntas dari 28 siswa. Apabila dikalkulasi dengan rumus N-Gain maka menghasilkan 0,2 dengan kategori rendah. Kemudian pada siklus II, memperoleh hasil 27 siswa tuntas dalam prestasi belajar, dengan memperoleh hasil N-Gain yaitu 0,4 dengan kategori sedang. Pada siklus II meningkat sekitar 92% dari hasil siklus I. Dari hasil tersebut, dapat menggambarkan bahwasannya adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6651 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |