Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tafsir Tematik “Islamic Moderatism and Its Role In Empowering Harmony Within Society” Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an

Sholihah, Baqiatus (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tafsir Tematik “Islamic Moderatism and Its Role In Empowering Harmony Within Society” Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Sampul_PAI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Halaman Persetujuan_PAI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Halaman Pengesahan_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Abstrak_PAI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_BAB I_PAI.pdf

Download (772kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_BAB IV_PAI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Baqiatus Sholihah_20381012014_Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (98kB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tafsir Tematik Moderasi Islam Seiring dengan perkembangan zaman, kesadaran umat Islam untuk memahami ajaran Islam secara benar dan menyeluruh semakin menurun. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam, terutama terkait dengan intoleransi, ekstremisme, dan konflik antaragama. Adapun salah satu langkah yang dapat diambil dalam upaya menyampaikan nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan yang memiliki peran penting dalam upaya membangun masyarakat yang moderat. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini berfokus pada dua masalah utama, yaitu: pertama, landasan teologis pendidikan Islam dan kedua, nilai-nilai pendidikan Islam berdasarkan perspektif tafsir tematik “Islamic Moderatism and Its Role In Empowering Harmony Within Society” dari Lajnah Pentashihan Mushaf AlQur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis landasan teologis serta nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat digunakan untuk membangun masyarakat yang lebih moderat dan harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah tafsir tematik “Islamic Moderatism and Its Role In Empowering Harmony Within Society” yang diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, didukung oleh beberapa literatur lain sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, mengumpulkan dokumen literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dan bahan literasi lainnya. Data dianalisis menggunakan analisis isi (content analysis) untuk menyimpulkan dan mengembangkan data sesuai konteks yang dibutuhkan, dengan validasi data melalui triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, landasan teologis pendidikan Islam dalam tafsir tematik “Islamic Moderatism and Its Role In Empowering Harmony Within Society” mencakup moderat (wasaṭiyah), toleransi (tasāmuh), dan persamaan (musāwah). Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tafsir tersebut terbagi menjadi empat, yakni 1) nilai aqidah/keimanan yang berorientasi pada ketauhidan, tidak mencampur aduk prinsip dan aqidah dalam bertoleransi, serta taat pada hal pokok dalam agama tanpa tawar menawar, 2) nilai ibadah yang mencakup keseimbangan antara ibadah dan kebutuhan hidup seharihari, 3) nilai akhlak yang menekankan pada kepemilikan jiwa toleran, sikap menghormati agama lain, memperlakukan orang lain dengan baik, dan memiliki kemampuan komunikasi yang beradab, serta 4) nilai sosial yang meliputi toleransi, keadilan, keterbukaan, serta saling mengenal satu sama lain. Nilai-nilai ini membentuk dasar pendidikan Islam yang inklusif, adil, dan progresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:34
Last Modified: 29 Aug 2024 07:34
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6653

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item