Efendi, Ahmad Arif (2024) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Plus Darrul Ulum Karang Baru Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_sampul.pdf Download (220kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_Persetujuan Pembimbing_PAI .pdf Download (59kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_halaman pengesahan .pdf Download (98kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068 Abstrak_PAI.pdf Download (10kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_daftar isi_PAI.pdf Download (10kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_BAB_PAI I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_BAB IV_PAI.pdf Download (666kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_ Daftar rujukan_PAI.pdf Download (440kB) |
|
Text
Ahmad Arif Efendi 20381011068_ pernyataan keaslian_PAI.pdf Download (219kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran, HOTS, Mutu Pembelajaran Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Plus Darul Ulum Karang Baru Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?; kedua, bagaimana gambaran keberhasilan implementasi model pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Plus Darul Ulum Karang Baru Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?; ketiga, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Plus Darul Ulum Karang Baru Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswasiswi. Dalam analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, serta triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi model pembelajaran berbasis HOTS di SD Plus Darul Ulum Karang Baru guru menyiapkan perangkat ajar berupa RPP, buku pegangan, guru menggunakan model pembelajaran HOTS tipe discovery learning dan problem based learning. Kedua, keberhasilan dalam implementasi model pembelajaran ini adalah siswa dapat memcahkan masalah dengan dibuktikan hasil jawaban siswa Ketiga, faktor penghambat seperti kurangnya waktu dan adanya keterlambatan siswa dalam berpikir, sedagkan faktor pendukung seperti sarana prasana memadai dan dukungan penuh dari sekolah dan kepala sekolah mengikutsertakan seminar bagi guru PAI dalam seminar pembelajaran HOTS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6675 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |