Habibullah, Fajar (2024) Penerapan Kurikulum ISMUBA terhadap Pembentukan Nilainilai Keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Fajar Habibullah_20381011160_Cover_PAI.pdf Download (218kB) |
|
Text
3. Fajar Habibullah_20381011160_Halaman_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (77kB) |
|
Text
4. Fajar Habibullah_20381011160_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (63kB) |
|
Text
5. Fajar Habibullah_20381011160_Abstrak_PAI.pdf Download (82kB) |
|
Text
6. Fajar Habibullah_20381011160_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. Fajar Habibullah_20381011160_BAB I_PAI.pdf Download (745kB) |
|
Text
8. Fajar Habibullah_20381011160_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
9. Fajar Habibullah_20381011160_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
10. Fajar Habibullah_20381011160_BAB IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. Fajar Habibullah_20381011160_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
12. Fajar Habibullah_20381011160_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (252kB) |
|
Text
2. Fajar Habibullah_20381011160_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf Download (87kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan, Kurikulum ISMUBA, Nilai-nilai Keislaman. Pendidikan merupakan tonggak yang tidak bisa di pandang sebelah mata oleh sebuah bangsa. Karena pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi kehidupan setiap individu dan juga bagi kemajuan bangsa. Komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu kurikulum. Kurikulum merupakan suatu rencana yang dijadikan pedoman dalam kegiatan belajar mengajar. Indonesia yang notabenenya negara muslim sudah sepatutnya harus memiliki aspek yang bisa menunjang nilai-nilai keislaman di dalam pendidikan. Salah satu kurikulum yang dapat menunjang nilai-nilai keislaman yaitu kurikulum ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) yang diterbitkan oleh Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Berdasarkan latar belakang tersebut terdapat fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini pertama, bagaimana penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan aqidah di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan, kedua bagaimana penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan syari’at di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan, ketiga bagaimana penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan, dan yang keempat apa yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan nilainilai keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan. Adapun jenis pendekatan ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa, pertama penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan aqidah di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan menggunakan penerapan menulis, bertafakur, tafaquh, tadarus, rangkuman mahfudzat dan penilaian, kedua penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan syari’at di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan dengan menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi, ketiga penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan menggunakan metode keteladanan guru, dan yang keempat yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan kurikulum ISMUBA terhadap pembentukan nilai-nilai keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan adalah fasilatas yang kurang seperti tidak adanya poster atau gambar tata cara shalat, materi ajar yang terlalu kompleks, alokasi waktu jam pelajaran yang kurang, tidak semua guru yang mengajar berlatar belakang Muhammadiyah dan latar belakang keluarga serta sosial yang beda pandangan juga menjadi salah satu faktor penghambatnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |