Ramadhan, Ali Akbar (2024) Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Akhlaqul Karimah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi pekerti di Kelas VI SDN Jungcangcang 1 Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011074_SAMPUL.pdf Download (43kB) |
|
Text
20381011074_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
20381011074_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
20381011074_DAFTAR ISI.pdf Download (320kB) |
|
Text
20381011074_BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
20381011074_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
20381011074_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
20381011074_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381011074_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
20381011074_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text
20381011074_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kata kunci : Implementasi, Metode Sosiodrama, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi dari Metode yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran di kelas VI SDN Jungcangcang 1 Kabupaten Pamekasan. Metode yang dipakai sebelumnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demontrasi (metode konvensional). Kondisi siswa pada saat ini kurangnya dari segi interaksi, pertanyaan dari siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, dampaknya siswa merasa bosan dan kurang interaktif dalam pembelajaran. Dari hal tersebut, maka ada masalah yang menjadi kajian inti pokok penelitian ini, yaitu : Bagaimana Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Akhlaqul Karimah Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi pekerti di SDN Jungcangcang 1 Kabupaten Pamekasan?. Bagaimana dampak Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Akhlaqul Karimah Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi pekerti di SDN Jungcangcang 1 Kabupaten Pamekasan?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan 2 siklus. Pada setiap kegiatan siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi tentang Implementasi Metode Sosiodrama. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh telah mengalami peningkatan dari proses implementasi metode sosiodrama. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh dampak yang ditimbulkan dapat diamati dari hasil peningkatan melalui 10 indikatorindikator pencapaian siswa berupa angka-angka yang dihasilkan pada saat proses pengamatan siklus I dan siklus II. Peningkatan skor tersebut merupakan hasil belajar siswa melalui proses implementasi metode sosiodrama pada kegiatan siklus I sebesar 77,35% dan pada kegiatan siklus II sebesar 91,9%. Hasil skor pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dengan skor sebesar 14,55%. Setiap indikator hasil belajar siswa telah mengalami penigkatan melibihi dari nilai standarisasi KKM 71. Hal ini didukung oleh data angket yang disebar peneliti yaitu siklus I sebesar 76,09% sedangkan siklus II mencapai 95,54%. Pencapaiaan yang dilaksanakan pada kegaiatan siklus I dan siklus II mengalami perkembangan sebesar 19,45%. Serta adanya data-data terkait wawancara setelah kegiatan siklus dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6681 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |