Hendri, Moh. (2024) Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Moh.Hendri_19381011124-Sampul Skripsi.pdf Download (55kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_hal.persetujuan.pdf Download (107kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_hal-pengesahan.pdf Download (209kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_ABSTRAK_PAI.pdf Download (112kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_Daftar Isi_PAI.pdf Download (16kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_BAB 1.pdf Download (262kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_BAB IV_PAI.pdf Download (696kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (229kB) |
|
Text
Moh.Hendri_19381011124_surat p.keaslian.pdf Download (196kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan dan kebebasan bagi guru untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Sedangkan Pendidikan Agama Islam adalah bimbingan dan asuhan terhadap anak didik dengan melalui ajaran-ajaran agama Islam. Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI merupakan suatu program pendidikan yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Adapun fokus pada penelitian ini, Pertama, Bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan?, dan Kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, serta siswa kelas x. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekuanan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan refrensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan yaitu meliputi 3 proses: Pertama, pembuatan perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI dibuat secara mandiri berbentuk modul ajar yang diawali dengan menganalisis capaian pembelajaran setelah itu merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajaran kemudian dikembangkan menjadi modul ajar. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang berupa penggunaan bahan ajar, media belajar, serta metode pembelajaran Discovery Learning dan Talaqqi, terakhir kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka ialah Asesmen Diagnostik, Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif. Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan ialah: perangkat atau sarana dan prasarana yang memadai, adanya pelatihan bagi semua guru seperti workshop tentang pemahaman kurikulum merdeka dan menjalani pelatihan mandiri melalu micro learning diaplikasi digital dan juga belajar mandiri dari berbagai sumber belajar seperti e-book, vidio, podcast dll. sedangkan faktor penghambatnya ialah: kurangnya kreativitas guru, siswa yang nakal atau susah diatur, minimnya mentalitas siswa dan guru dan masih banyak kemampuan siswa yang minim dalam membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6689 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |