Kompetensi guru IPS sebagai Evaluator Kelas VIII di MTs Miftahul Mubtadiin Batukarang, Camplong, Sampang

Jannah, Sahiratul (2020) Kompetensi guru IPS sebagai Evaluator Kelas VIII di MTs Miftahul Mubtadiin Batukarang, Camplong, Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1 COVER-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (28kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (16kB)
[img] Text
8 BAB I-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (176kB)
[img] Text
7 BAB II-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
9 BAB III-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
10 BAB IV-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (232kB)
[img] Text
11 BAB V-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (14kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP-SAHIRATUL JANNAH-TIPS.pdf

Download (238kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-SAHIRATUL JANNAH 20160701080086-TIPS.pdf

Download (15kB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi, Evaluator, IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi Guru IPS sebagai Evaluator Kelas VIII di Mts Miftahul Mubtadiin Batukarang, Camplong, Sampang. Dan mengetahui kendala yang dihadapi Guru IPS sebagai evaluator kelas VIII di Mts Miftahul Mubtadiin Batukarang, Camplong, Sampang, serta solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana peneliti sebagai instrument utama penelitian dengan menggunakan observasi nonpartisipan, interview terstruktur dan terbuka serta dokumentasi. Kemudian, dianalisis dengan mereduksi data, menyajiakan dan membuat kesimpulan. Untuk menvalidasi data peneliti menggunakan uraian rinci. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa guru IPS sudah mampu membuat soal, baik test tulis ataupun lisan untuk mendapatkan nilai peserta didik. Guru IPS mampu memahami masing-masing karakter peserta didik. Kendala yang dihadapi terletak pada peserta didik yang kurang disiplin dalam proses pembelajaran. Penentuan Penilaian dalam aspek sikap yang rumit. Dalam penilaian aspek keterampilan memakan tenanga dan waktu yang cukup lama Kekurangan referensi karena buku pengangan guru kurang memadai. Kurang adanya pelatihan guru dalam mengevaluasi, yang bisa diikuti Guru IPS. Dari beberapa kendala ada beberapa solusinya sebagai berikut: guru memberikan motivasi dan bimbingan terhadap peserta didik yang kurang disiplin. Guru selalu mengamati tingkah laku peserta didiknya dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah berusaha meningkatkan buku pengangan guru mata pelajaran IPS dan buku siswa. Dan untuk meningkatkan kemampuan penilaian guru, maka dengan ikut pelatihan-pelatihan tentang melakukan penilaian atau mengevaluasi peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71G ??
?? m_071 ??
?? m_191 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Ardiansyah Ardiansyah
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:02
Last Modified: 04 Feb 2021 08:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/669

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item