Fitroh, Achmad Wahedi (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Multikultural dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Sebagai Upaya penguatan Sikap Toleransi Siswa di MA Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011152_SAMPUL.pdf Download (221kB) |
|
Text
20381011152_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
20381011152_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
20381011152_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
20381011152_DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) |
|
Text
20381011152_BAB I.pdf Download (680kB) |
|
Text
20381011152_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
Text
20381011152_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
20381011152_BAB IV.pdf Download (883kB) |
|
Text
20381011152_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
20381011152_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (411kB) |
|
Text
20381011152_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (173kB) |
Abstract
Kata Kunci: Multikultural, Aqidah Akhlak, Toleransi. MA Negeri 2 Pamekasan merupakan salah satu madrasah yang memiliki siswa yang berasal dari kultur yang beranekaragam, seperti strata sosial, ekonomi, kebiasaan dan asal kelahiran siswa. Sebagai upaya dalam meminimalisir adanya konflik atau perselisihan yang mangatasnamakan perbedaan adalah dengan memberikan penguatan terhadap sikap toleransi siswa. Pembelajaran berbasis multikultural merupakan jawaban yang tepat dalam rangka memberikan penguatan terhadap sikap toleransi. Hal ini sebagaimana telah diimplementasikan di lembaga pendidikan MA Negeri 2 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran berbasis multikultural dalam pembelajaran Aqidah Akhlak sebagai upaya penguatan sikap toleransi siswa?. Kedua, bagaimana hasil dari implementasi pembelajaran berbasis multikultural dalam pembelajaran Aqidah Akhlak sebagai upaya penguatan sikap toleransi siswa?. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis multikultural dalam pembelajaran Aqidah Akhlak sebagai upaya penguatan sikap toleransi siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah WKM. Akademik, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan siswa. Data dianalisis dengan tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dicek keabsahannya melalui tiga cara, yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringuasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran berbasis multikultural di MA Negeri 2 Pamekasan terdapat tiga aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, implementasi pembelajaran berbasis multikultural berjalan dengan baik dan lancar, serta memperolah hasil yang sangat memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang saling toleran, menghargai, menghormati, saling tolong-menolong, dan demokratis terhadap segala perbedaan yang ada. Ketiga, ada beberapa faktor yang mendukung dalam implementasi pembelajaran berbasis multikultural yaitu, kebijakan pemerintah (kurikulum), sarana dan prasarana, serta kesadaran siswa yang tinggi mengenai pentingnya sikap toleransi. Belum ditemukan adanya faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis multikultural di MA Negeri 2 Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6693 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |