Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Pada Pesantren Tahfidz Khairunnas Sreseh Sampang

karofis, shofiatul (2023) Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Pada Pesantren Tahfidz Khairunnas Sreseh Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381042154_SAMPUL.pdf

Download (51kB)
[img] Text
20381042154_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
20381042154_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
20381042154_ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
2038104154_DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
20381042154_BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
20381042154_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
20381042154_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
20381042154_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20381042154_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
20381042154_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
20381042154_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen perubahan, Lembaga pendidikan islam dan Era globalisasi. Manajemen perubahan suatu hal yang akan dan tetap terjadi di dalam organisasi maupun lembaga. Hal ini, telah terjadi di lembaga pendidikan yaitu pesantren tahfidz Khairunnas sebagaimana pesantren berubah dengan mengikuti perkembangan era globalisasi yang terjadi pada saat ini. Pada perubahan pesantren tahfidz khairunnas meliputi tiga fase yaitu yang pertama fase unfreezing (pencairan) yakni langkah awal lembaga menganalisis dan mengomunikasikan kesiapan atas menghadapi perubahan. Kedua fase perubahan (Changing) yaitu langkah inti perubahan diimplementasikan. Ketiga pembekuan (unfreezing) lembaga menerapkan perubahan secara permanen dan konsisten. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana perencanaan lembaga Pendidikan islam di era globalisasi pada pesantren tahfidz khairunnnas sreseh sampang, kedua bagaimana pelaksanaan lembaga Pendidikan islam di era globalisasi pada pesantren tahfidz khairunnnas sreseh sampang, dan ketiga bagaimana pengendalian lembaga Pendidikan islam di era globalisasi pada pesantren tahfidz khairunnnas sreseh sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah Manager pesantren, kepala asrama/pengasuh, dan mudabbir. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan dan triamgulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan perubahan pesantren tahfidz Khairunnas adalah: Merencanakan program tahassus dan non tahassus, merencanakan target santri yang tertata jelas pada sistem aplikasi sikhair, merencanakan segi pembiayaan yang terdapat pada dua program yaitu reguler dan beasiswa, merencanakan fasilitas belajar mengajar yang canggih seperti tablet dan proyektor, visi misi yang di ciptakan dari pusat, merencanakan sistem gel. Kedua, pelaksanaan perubahan dalam pesantren ialah: Melaksanakan visi misi yang di jalankan dengan kolaborasi (internal dan eksternal), melaksanakan kurikulum yaitu tasmi’, ziyadah dan murojaah, menerapkan budaya-budaya yang terdapat di pesantren. Ketiga Pengendalian perubahan dalam pesantren yaitu: Menerapkan aplikasi trello sebagai pengontrolan sistem kinerja, menerapkan aplikasi sikhair, mengadakan rapat tiap hari dalam jangka waktu 10 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:25
Last Modified: 29 Aug 2024 07:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6701

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item