Suhud, Suhud (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Batu Karang I Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381051092- SAMPUL.pdf Download (40kB) |
|
Text
19381051092-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
lembar pengesahan skripsi.pdf Download (78kB) |
|
Text
19381051092-ABSTRAK PDF.pdf Download (9kB) |
|
Text
19381051092-DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
19381051092-BAB 1.pdf Download (188kB) |
|
Text
19381051092-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
19381051092-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
19381051092-BAB 4.pdf Download (161kB) |
|
Text
19381051092-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
19381051092-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
19381051092-SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (219kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran IPA Guru memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran, guru harus mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, agar bisa mengatasi kebosanan/kejenuhan siswa. Apabila pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang menarik akan berakibat pada kesulitan belajar yang dialami siswa baik dari segi konsep, bahasa, ataupun membaca, dan menulis. Adapun focus dalam penelitian ini adalah pertama,apa saja jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Batukarang I Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang? Kedua, apa saja faktor yang memengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SDN Batukarang I Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang? Ketiga, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SDN Batukarang I Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis desktiptif. Data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas V di SDN Batukarang I. Menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun untuk mengecek keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, jenis jenis kesulitan yang dialami siswa SDN Batukarang I yaitu siswa merasa kesulitan membaca, menulis, memahami konsep, memahami bahasa, kesulitan mengingat, dan berfikir. Kedua, faktor yang memengaruhi kesulitan belajar siswa ialah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu intelegensi, sikap, motivasi, minat, dan bakat. Karna faktor ini secara alami terjadi dalam diri siswa tampa ada campur tangan dari luar, faktor eksternal yaitu keluarga, dan sekolah. Faktor ini terjadi karna ada campur tangan dari luar bukan secara murni terjadi dalam diri siswa itu sendrir. Ketiga upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu grur selalu memberi tugas harian baik berupa individu maupun kelompok, guru membuat grup whatsapp supaya bisa berkomunikasi secara langsung dengan wali murid terhadap perkembangan hasil belajar siswanya,dan guru memindahkan tempat duduknya siswa tersebut yang awalnya ada di belakang di pindah ke depan supaya siswa tersebut bisa lebih fokus lagi terhadap pembelajaran yang sedang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6702 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |