Elliyani, Elliyani (2024) Model Pendidikan Karakter di MTs Negeri 3 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Elliyani_18381042040_SAMPUL_MPI.pdf Download (76kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_LEMBAR PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (183kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_LEMBAR PENGESAHAN_ MPI.pdf Download (152kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_ABSTRAK_MPI.pdf Download (35kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (73kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_BAB I_MPI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_BAB IV_MPI.pdf Download (908kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (99kB) |
|
Text
Elliyani_18381042040_LEMBAR KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (183kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Model Pendidikan Karakter Perlunya pendidikan karakter harus tertuang dan tertampung di dalam sistem pendidikan nasional, karena melihat masih terjadinya ketidakserasian hubungan sosial diantara banyak segmen masyarakat. Untuk menciptakan manusia yang memiliki adab, adat yang baik, bermartabat dan juga berkarakter yaitu dengan membangun kembali kebiasaan atau adat istiadat orang Indonesia yang telah diakui dunia sejak dahulu yakni sikap sopan santun. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga rumusan masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana model pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Sumenep, kedua Bagaimana strategi pengembangan model pendidikan di MTs Negeri 3 Sumenep, dan ketiga Bagaimana hasil pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan guru di MTs Negeri 3 Sumenep. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Model Pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Sumenep yaitu menggunakan model integrasi yakni kegiatan Pendidikan karakter yang diintegrasikan di setiap mata Pelajaran. Dan model suplemen yang dilaksanakan melalui sebuah kegiatan di luar jam sekolah seperti PKUMT (Program Kelas Unggulan Multi Talent), PETUAH (Pesantren Sabtu Ahad) shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Kedua, strategi pengembangan Pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Sumenep dilakukan dengan melibatkan seluruh guru dalam setiap kegiatan yang menunjang Pendidikan karakter baik dalam pengintegrasian pembelajaran maupun kegiatan diluar Pelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode qishah atau bercerita, metode uswah atau keteladanan, dan metode pembiasaan. Ketiga, Hasil Pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Sumenep yaitu terlaksananya program tahunan, bulanan dan harian. Siswa mulai terbiasa bersalaman ketika bertemu guru. Dan minimnya siswa yang melanggar. Sehingga pada pelaksanaan program-program yang ada tidak begitu kehilangan tenaga dalam mengkondisikan siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6706 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |