Febriani, Fina (2024) Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Piket Siswa di SD Negeri Panempan 2 Kec. Pamekasan kab. Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052053_SAMPUL.pdf Download (41kB) |
|
Text
20381052053_ HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
20381052053_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
20381052053_ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
20381052053_DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
|
Text
20381052053_BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
20381052053_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
20381052053_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
20381052053_BAB IV.pdf Download (251kB) |
|
Text
20381052053_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
20381052053_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
20381052053_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (217kB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Tanggung Jawab, Piket Karakter tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang harus diupayakan guru dalam Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan piket sekolah. Penelitian ini terfokus pada tiga hal yakni Upaya guru dalam membentuk karaker tanggung jawab siswa melalui kegiatan piket, factor pendorong dan penghambat pembentukan karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan piket dan gambaran karakter tanggung jawab siswa di SD Negeri Panempan 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Panempan 2 . Sumber data dalam penelitian ini terbagi dua yakni sumber primer yang terdiri dari kepala sekolah, beberapa guru dan 10 orang siswa. Sedangkan data skunder adalah dokumen penunjang, buku dan artikel. Sedangkan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan yakni kondensasi data, penyajian data verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan beberapa cara dalam mengecek keabsahan data yakni ketekutan pengamatan, triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini menghasilkan tiga hal. Pertama, upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan piket kelas dengan beberapa upaya terstruktur, sistematis dan berkelanjutan. Kedua, Faktor pendorong upaya guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab melalui kegiatan pike tantara lain; a. adanya peraturan sekolah dan kerja sama guru-siswa; b. ketauladan guru; c. pengawasan dan motivasi guru; d. pembiasaan dan pemberian hadiah. Sementara faktor penghambatnya antara lain: a. motivasi siswa yang fluktuatif; b. budaya luar sekolah yang jauh berbeda dengan nilai pendidikan di sekolah; c. minimnya ketauladanan orang tua dan rendahnya pemberian tanggung jawab kepada anak; d. penggunaan teknologi yang tidak dibatasi. Ketiga, Gambaran karakter tanggung jawab siswa tercermin dalam kesadaran akan tanggung jawab dengan melaksanakan secara maksimal dan dedikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6713 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |