Fitriyah, Anis (2024) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas 3 MI Tarbiyatul Kirom Bluto Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Anis Fitriyah_20381052045_ SAMPUL_PGMI.pdf Download (21kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (49kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (638kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (12kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_BAB 1_PGMI.pdf Download (179kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_BAB 2_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_BAB 3_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_BAB 4_PGMI.pdf Download (433kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_BAB 5_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (129kB) |
|
Text
Anis Fitriyah_20381052045_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode, Keterampilan Menyimak, Role Playing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran, dimana menyimak seringkali disepelekan, nyatanya menyimak merupakan langkah awal untuk memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan, fakta dilapangan menyimak seringkali terbatas pada mendengarkan ceramah guru atau rekaman audio. Metode ini seringkali tidak cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan menyimak, salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan menyimak ialah menerapkan metode role playing, karena metode ini akan lebih membekas dalam ingatan dan meninggalkan kesan yang kuat. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Kirom Bluto Sumenep? kedua bagaimana hasil penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Kirom Bluto Sumenep? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Kirom Bluto Sumenep yang berjumlah 16 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru kela melakukan kolaborasi atau kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana di setiap siklusnya terdapat beberapa tahapan meliputi: tahap perencanaan (plan), (2) tahap pelaksanaan (action), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan menyimak siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Kirom Bluto Sumenep. Sedangkan metode observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran, respon siswa serta keadaan siswa dan guru. Sementara Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis mixed methods. Hasil penelitian, pertama Penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan menyimak di MI Tarbiyatul Kirom, dilaksanakan dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu a) menghangatkan suasana dan memotivasi siswa, b) memilih peran dalam pembelajaran, c) menyusun tahap-tahap peran d) menyiapkan pengamat, e) tahap pemeranan f) diskusi dan evaluasi pembelajaran, g) pemeranan ulang, h) diskusi dan evaluasi tahap dua, i) membagi pengalaman dan pengambilan kesimpulan, kedua Metode bermain peran di MI Tarbiyatul Kirom secara efektif meningkatkan keterampilan menyimak siswa dibuktikan dengan Hasil pre test diperoleh ketuntasan belajar klasikal, 37,5% , dan dari post test diperoleh ketuntasan belajar klasikal 62,5 %. Hasil perhitungan siklus 2 pre test diperoleh ketuntasan belajar klasikal 68,75% , dan dari post test diperoleh ketuntasan belajar klasikal 81,25 % Perhitungan nilai keterampilan menyimak siswa diperoleh pra siklus 1 didapatkan persentase 50,89% dan siklus 1 59,82% sementara pra siklus 2 60,27 % dan siklus 2 89,73%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menyimak sebelum dan sesudah tindakan baik di siklus 1 dan siklus 2. Namun diperlukan perbaikan lebih lanjut untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran, terutama dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa, dapat tercapai secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6715 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |