Mailah, Siti Juma’atul (2024) Penerapan Media Pembelajaran Kelereng Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas 1 Di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_Cover_PGMI.pdf Download (309kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (290kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_HALAMAN PENGESAHAM_PGMI.pdf Download (326kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_Abstrak_PGMI.pdf Download (288kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (193kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_BAB I_PGMI.pdf Download (435kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_BAB IV_PGMI.pdf Download (587kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (304kB) |
|
Text
Siti Juma'atul Mailah_20381052081_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (272kB) |
Abstract
Kata Kuci: Media Kelereng, Meningkatkan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika Penjumlahan dan Pengurangan. Rendahnya hasil belajar matematika siswa karena media pembelajarannya yang bersifat stagnan sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan hal ini terjadi karena media yang diberikan pada saat pembelajaran kurang kreatif. Tujuan peneliti ini adalah: untuk mengetahui penerapan media pembelajaran kelereng dalam peningkatan hasil belajar mata pelejaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan dan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. Metode Peneliti ini menggunakan (PTK) Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, obsevasi, refleksi. Subjek dari peneliti ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. KKM dari pembelajara Matematika Kelas 1 Di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan adalah lebih dari 75%. Penerapan media pembelajaran kelereng telah dilkukan menggunakan dua siklus, dan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini ada peningkatan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil akhir dari tes yang telah dilakukan oleh peneliti pada setipa akhir siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ada peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui media kelereng. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar yang menunjukkan dari 14 siswa mengikuti tes siklus 1 dengan nilai rata-rata 73,21%. Dengan 7 siswa tidak tuntas yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada sisklus II nilai rata-rata mencapai 81,92% yang berarti adanya peningkatan hasil belajar matematika sebesar 8,71
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:16 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6738 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |