Upaya Meningkatkan Moral Sosial Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan

Ningsih, S Susilawati (2024) Upaya Meningkatkan Moral Sosial Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_COVER_PGMI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
S susilawati Ningsih_20381052029_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_BAB I_PGMI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
S Susilawati Ningsih_20381052029_Surat Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kewarganegaraan Penelitian ini di latar belakangi oleh moral siswa yang masih rendah saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada saat kegiatan pembelajaran, sikap sosial siswa dalam membantu antar sesama, kurang memperhatikan penjelasan guru, sikap kerja sama dan rasa peduli siswa pada sesama temannya masih butuh pembinaan lagi. Selain itu, adanya sikap moral sosial siswa dalam menghargai pendapat guru ataupun teman saat proses pembelajaran, serta sopan santun siswa yang tidak baik pada guru maupun sesama temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan dari model Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan moral sosial siswa kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Ambat pamekasan yang berjumlah 13 siswa. Dalam penelitian ini peneliti dan guru kelas melakukan kolaborasi atau kerja sama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data observasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus persentase aktivitas belajar mengajar dan untuk angket menggunakan rumus P = . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) mata pelajaran PPKn ini ada 3 tahapan kegiatan pembelajatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Tindakan ini di lakukan sesuai berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan moral sosial siswa sesuai dengan perencanaan yang sudah di siapkan. Hasil penelitian ini berdasarkan data hasil observasi guru di siklus I di dapat skor total 36 dengan presentase 52% dalam kategori “kurang”, pada siklus II mendapatkan skor total 61 dengan presentase 88% dalam kategori “baik”. Sedangkan hasil observasi siswa di siklus I mendapatkan skor total 394 dengan presentase 50%, siklus II mendapatkan skor total 662 dengan presentase 85%. Kemudian hasil observasi sikap atau moral sosial siswa siklus I mendapatkan skor total 102 dengan presentase 52% siswa, pada siklus II mendapatkan skor total 181 dengan presentase 93% siswa. Hasil angket siklus I skor total 364 dengan presentase 70%, sedangkan pada siklus II mendapatkan skor total 476 dengan presentase 91%. Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran PPKn sudah mampu menanam dan meningkatkan moral sosial siswa dan telah memenuhi indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:08
Last Modified: 23 Aug 2024 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6761

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item